Kronologi Kecelakaan Hingga Jenazah Emiliano Sala Ditemukan

CNN Indonesia | Jumat, 08/02/2019 07:52 WIB
Kronologi Kecelakaan Hingga Jenazah Emiliano Sala Ditemukan Jenazah Emiliano Sala telah ditemukan. (JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepolisian Dorset memastikan jenazah Emiliano Sala telah ditemukan pada Kamis (7/2). Berikut kronologi peristiwa nahas mulai dari kecelakaan hingga akhirnya jenazah Sala ditemukan.

- 19 Januari 2019

Cardiff City resmi memperkenalkan Sala sebagai rekor pembelian setelah diboyong £15 juta dari FC Nantes. Di hari yang sama Sala memutuskan untuk kembali ke Nantes meski mendapat tawaran manajer Cardiff Neil Warnock untuk tetap di Cardiff dan menyaksikan pertandingan melawan Newcastle United.


- 21 Januari 2019

Setelah berpamitan dengan rekan setim di Nantes dan mengambil sejumlah barang pribadi, Sala melakukan penerbangan ke Cardiff bersama pilot David Ibbotson. Sala dijadwalkan menjalani latihan bersama Cardiff pada 22 Januari pagi.

Sekitar 75 menit setelah take-off pesawat Piper Malibu yang ditumpangi Sala dan Ibbotson dinyatakan hilang kontak di Selat Inggris.

- 22 Januari 2019

Pesawat Piper Malibu yang ditumpangi Sala serta Ibbotson dinyatakan hilang. Pencarian pun mulai dilakukan.

Emiliano Sala dinyatakan hilang sejak 21 Januari 2019. Emiliano Sala dinyatakan hilang sejak 21 Januari 2019. (Jean-FranÁois MONIER / AFP)
- 23 Januari 2019

Kepolisian Guernsey menyatakan peluang untuk Emiliano Sala dan pilot David Ibbotson sangat kecil. Di saat bersamaan beredar rekaman suara via WhatsApp yang diduga sebagai suara Sala. Dalam rekaman itu Sala mengaku khawatir dengan kondisi pesawat dan yakin pesawat akan jatuh.

- 24 Januari 2019

Kepolisian Guernsey memutuskan untuk mengakhiri pencarian pesawat setelah tiga hari tanpa hasil. Keputusan itu membuat gerakan solidaritas di antara pesepakbola dan suporter. Lewat situs GoFundMe, para pesepakbola dunia dan suporter melakukan donasi agar keluarga Emiliano Sala bisa melakukan pencarian secara pribadi.

Sejumlah pesepakbola papan atas, termasuk Lionel Messi, dan Presiden Argentina Mauricio Macri juga meminta pemerintah Britania Raya dan Prancis untuk melanjutkan pencarian. Total uang £280 ribu atau setara Rp5 miliar berhasil dikumpulkan.

Emiliano Sala meninggal di usia 28 tahun.Emiliano Sala meninggal di usia 28 tahun. (LOIC VENANCE / AFP)
- 26 Januari 2019

Pencarian pribadi dimulai.

- 3 Februari 2019

Badan Investigasi Kecelakaan Udara Inggris (AAIB) menyatakan telah menemukan pesawat Piper Malibu yang ditumpangi Emiliano Sala dan David Ibbotson di kedalaman lebih dari 200 kaki Selat Inggris dan berjarak 33,7 kilometer dari lepas Pantai Guernsey.

- 4 Februari 2019

Menggunakan remotely operated vehicle (ROV) pihak AAIB menyatakan telah menemukan satu jenazah di dalam bangkai pesawat Piper Malibu.

- 7 Februari 2019

AAIB berhasil mengangkat satu jenazah dari bangkai pesawat, namun belum mengidentifikasi jenazah tersebut. Di hari yang sama Kepolisian Dorset akhirnya menyatakan jenazah yang diangkat AAIB diidentifikasi sebagai jenazah Emiliano Sala. (har/har)