Indra Sebut Perbedaan Melatih Timnas Indonesia U-22 dan U-19

CNN Indonesia | Kamis, 07/02/2019 09:15 WIB
Indra Sebut Perbedaan Melatih Timnas Indonesia U-22 dan U-19 Indra Sjafri sebut perbedaan menangani Timnas Indonesia U-22 dan skuat U-19. (ANTARA FOTO/Putra Haryo Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Indra Sjafri menyebut perbedaan utama menangani Timnas Indonesia U-22 dibandingkan dengan skuat U-19 yang pernah dilatihnya.

Sosok Indra erat dikaitkan dengan para pemain muda di Timnas Indonesia U-19 yang sudah lima tahun terakhir dilatihnya. Tapi kini ia harus beralih melatih pemain yang lebih senior, yakni Timnas Indonesia U-22.

Pendekatan cara melatih yang dilakukan Indra Sjafri kepada para pemain pun mengalami perbedaan. Sebab, secara psikis kondisi pemain yang menempati kedua level timnas juga berbeda.

"Pelan-pelan saya move on dari Timnas Indonesia U-19 ke U-22," kata Indra Sjafri, Rabu (6/2).


Timnas Indonesia U-22 imbang 2-2 lawan Bhayangkara FC. (Timnas Indonesia U-22 imbang 2-2 lawan Bhayangkara FC. (Dok. Bhayangkara FC)
Indra mengatakan dari sisi pengorganisasian pemain, Timnas Indonesia U-22 lebih mudah ketimbang U-19. Ia juga sudah memperlakukan para pemainnya di Timnss U-22 lebih kepada pemain profesional.

"Sisi pengorganisasian U-22 dia punya pendapatan yang jelas, sedikit mapan dan masalah uang saku tidak jadi masalah. Saya berhadapan dengan profesional jadi memudahkan saya untuk mengorganisasi," terangnya.

Meski begitu, beberapa pemain yang saat ini berada di Timnas Indonesia U-22 merupakan mantan pemain Indra Sjafri saat melatih Timnas U-19. Sebut saja deretan nama seperti Asnawi Bahar, Nurhidayat Haji Haris, Luthfi Kamal, Witan Sulaeman dan Todd Rivaldo Ferre yang saat ini naik level.

Bersama Indra Sjafri, Timnas Indonesia U-22 bakal tampil di ajang Piala AFF U-22 di Kamboja yang dimulai pada 17 Februari mendatang, sekaligus tugas pertamanya. Sebagai persiapan, para pemain terus menjalani pemusatan latihan sejak lima pekan lalu.

Pada laga uji coba pertama menghadapi Bhayangkara FC di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Timnas Indonesia U-22 meraih hasil imbang 2-2. Selanjutnya, mereka akan kembali melakoni laga uji coba melawan Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (10/2). (TTF/bac)