McMenemy Ditarget Bawa Timnas Indonesia Juara Piala AFF 2020

CNN Indonesia | Kamis, 24/01/2019 20:58 WIB
McMenemy Ditarget Bawa Timnas Indonesia Juara Piala AFF 2020 Simon McMenemy ditarget bawa Timnas Indonesia juara Piala AFF 2020. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih anyar Timnas Indonesia, Simon McMenemy, ditargetkan bisa membawa Skuat Garuda meraih gelar juara di Piala AFF 2020. Gelar juara itu diharapkan bisa menaikkan peringkat Indonesia di FIFA dan masuk ke area 120 besar.

McMenemy dikontrak bersama Timnas Indonesia selama dua tahun sampai Desember 2020. Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria mengatakan sedikitnya ada tiga agenda penting yang bakal dihadapi McMenemy sebagai pelatih Timnas Indonesia.

Pertama, kualifikasi Pra Piala Asia dan Pra Piala Dunia serta persiapan jelang Piala AFF 2020. Pra Piala Asia bakal digelar Juni disusul Pra Piala Dunia pada September 2019.


Tisha menyebut Timnas Indonesia diharapkan bisa lolos ke ronde kedua Pra Piala Asia yang artinya langsung tampil di Pra Piala Dunia.

"PSSI menargetkan kerja keras jangka panjang selama dua tahun supaya kita bisa jadi juara di [Piala AFF] 2020. Kesinambungan agenda besar mulai 2019 sampai akhir 2020 ini diharapkan bisa membuat [Timnas] Indonesia naik peringkat secara signifikan di akhir 2020, bisa di area 120 besar dunia," kata Tisha dalam konferensi pers di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (24/1).

McMenemy siap kerja keras untuk Timnas Indonesia.McMenemy siap kerja keras untuk Timnas Indonesia. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
McMenemy mengucapkan rasa terima kasihnya atas kesempatan yang diberikan PSSI kepadanya untuk melatih Timnas Indonesia. Ia sadar bakal melakukan pekerjaan yang berat untuk meraih apa yang telah direncanakan, termasuk kehormatan merepresentasikan Indonesia lewat tugasnya sebagai pelatih timnas.

"Walaupun saya bukan pelatih yang jadi favorit suporter, tapi saya bisa pastikan tidak akan ada orang yang lebih bersemangat dan bekerja keras seperti apa yang akan saya tunjukkan melalui kerja nyata nanti," kata McMenemy, pelatih asal Skotlandia itu.

McMenemy menilai Timnas Indonesia bisa tampil di level atas Asia. Ia berkeyakinan Timnas Indonesia bisa tampil di Piala Asia karena materi pemain banyak yang berkualitas.

"Tapi ini seperti puzzle dan saya akan menemukan pecahan itu untuk memastikan Timnas Indonesia bisa mendapatkan itu [prestasi]," ujar McMenemy. (TTF/jun)