PSSI Klaim Klub Izinkan Ezra Walian ke Timnas Indonesia U-22

CNN Indonesia | Kamis, 10/01/2019 18:06 WIB
PSSI Klaim Klub Izinkan Ezra Walian ke Timnas Indonesia U-22 Ezra Walian menjadi salah satu pemain Indonesia yang berlaga di luar negeri. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria mengatakan RKC Waalwijk telah memberikan izin kepada Ezra Walian untuk bergabung dengan Timnas Indonesia U-22.

Tisha mengatakan PSSI sudah mengirimkan surat kepada RKC Waalwijk untuk meminta Ezra mengikuti pemusatan latihan di Jakarta. Namun, sampai saat ini belum ada surat balasan dari pihak manajemen klub yang kini berlaga di divisi dua kompetisi sepak bola Belanda tersebut.

Tisha memastikan bahwa RKC Waalwijk memberikan izin Ezra untuk bergabung dengan Timnas Indonesia U-22 meski dari manajemen tak membalas surat dari PSSI.


"Kami komunikasi. Kalau tidak diizinkan mereka balas [surat]. Tidak diizinkan maksudnya, ada salah satu isi [surat balasannya] soal negosiasi waktu. Kalau diizinkan mereka tidak balas, mereka langsung komunikasi. Mereka itu biasanya begitu, baik klub Indonesia maupun klub luar negeri," kata Tisha di sela acara Garuda Section di Jakarta, Kamis (10/1).

"Kami sudah komunikasi mengenai tanggal dan waktunya saja kapan pasnya kami ke sana. Di sana kan periodenya latihan juga, sedangkan di sini periodenya latihan juga, sama baik bagi pemain," jelas Tisha.

PSSI Klaim Klub Izinkan Ezra Walian ke Timnas IndonesiaEzra Walian memperkuat Timnas Indonesia di SEA Games 2017. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Meski begitu, lanjut Tisha, PSSI tetap membiarkan Ezra mengikuti latihan paruh musim bersama RKC Waalwijk di Belanda, sambil tetap memantau kualitas latihan yang dijalankan pemain 21 tahun itu.

"Di sini [Jakarta], saya tanya coach Indra [Sjafri] perlunya kapan? Nanti benar-benar waktu paling minimum dia [Ezra] harus datang itu kapan? Nah, itu yang nanti kami negosiasikan dengan mereka," jelasnya.

Pemain yang pernah memperkuat timnas Belanda U-17 itu tercatat pernah membela skuat Merah Putih dalam ajang SEA Games 2017. Dari enam kali tampil, Ezra mencetak sebuah gol.

Setelah perhelatan dua tahunan itu, Ezra tidak pernah lagi mengenakan kostum tim Garuda.

Ezra main 11 kali di RKC musim ini dan mencetak satu gol. Dari 11 kali tampil, lima di antaranya Ezra berstatus sebagai pemain inti. (nva/har)