Penyerang Timnas India Kalahkan Rekor Gol Messi

CNN Indonesia | Senin, 07/01/2019 20:28 WIB
Penyerang Timnas India Kalahkan Rekor Gol Messi Penyerang timnas India, Sunil Chhetri (kanan), mengalahkan rekor gol Lionel Messi di tim nasional. (Khaled DESOUKI / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyerang timnas India, Sunil Chhetri, mengalahkan rekor jumlah gol bintang Barcelona Lionel Messi di tim nasional.

Chhetri kini sudah menciptakan total 67 gol di timnas India usai menyumbang dua gol saat mengalahkan Thailand 4-1 pada laga Grup A Piala Asia 2019 di Stadion Al-Nayhan, Abu Dhabi, Minggu (6/1).

Penyerang 34 tahun itu total sudah bermain 105 kali untuk skuat berjulukan Blue Tigers. Catatan itu mengalahkan koleksi 65 gol Messi yang sudah 128 kali bermain untuk timnas Argentina.


Dengan gol tersebut, Chhetri tercatat pemain kedua yang mencetak gol kedua terbanyak di dunia untuk kategori pesepakbola yang masih aktif di tim nasional.

Bintang Juventus, Cristiano Ronaldo, masih berada di urutan pertama dengan torehan 85 gol dalam 154 kali membela timnas Portugal.

Rekor gol Lionel Messi di timnas Argentina dikalahkan penyerang timnas India, Sunil Chhetri. (Rekor gol Lionel Messi di timnas Argentina dikalahkan penyerang timnas India, Sunil Chhetri. (Foto: REUTERS/Michael Dalder)
Chhetri membuka keunggulan untuk timnas India atas Thailand pada menit ke-27. Tim Gajah Perang sempat menyamakan skor menjadi 1-1 berkat gol Teerasil Dangda.

Memasuki menit ke-46, gol Chhetri kembali membuat timnas India unggul menjadi 2-1 atas Thailand. Unggul 2-1 membuat skuat arahan Stephen Philip Constantine asal Inggris semakin bernafsu mencetak gol lagi.

Hasilnya adalah pada babak kedua, Blue Tigers mencetak dua gol lagi ke gawang Thailand yang dilesakkan Anirudh Thapa pada menit ke-68 dan Jeje Lalpekhlua (80'). Timnas India akhirnya menang dengan skor 4-1 atas Thailand.

Kekalahan itu tentu menjadikan pukulan telak bagi skuat Gajah Perang. Usai pertandingan, pihak federasi sepak bola Thailand (FAT) memutuskan untuk memecat juru taktik mereka asal Serbia, Milovan Rajevac, dari skuat tersebut.

"Dalam hal ini, saya ingin mengumumkan pemutusan kontrak dari Milovan Rajevac bersama beberapa staf pelatih. Kami menunjuk Sirisak Yotkhakthai untuk melakukan tugas di Timnas Thailand, dengan Choktawee Promrat sebagai asisten pelatih," kata Presiden FAT, Somyot Poompanmuang.

"Saya ingin berterimakasih atas usaha dan dedikasi Milovan Rajevac yang selama ini telah menangani, mengawasi, dan melatih tim nasional. Saya harap dia sukses dalam karier mendatang." (bac/nva)