Man City Pernah Tak Sengaja Tawar Messi dengan Harga Rendah

CNN Indonesia | Senin, 07/01/2019 17:47 WIB
Man City Pernah Tak Sengaja Tawar Messi dengan Harga Rendah Manchester Citu disebut pernah secara tak sengaja menawar Lionel Messi dengan harga murah. (REUTERS/Heino Kalis)
Jakarta, CNN Indonesia -- Manchester City disebut pernah menawar Lionel Messi secara tak sengaja dengan harga rendah dari Barcelona.

Tepatnya pada 2008 ketika klub berganti kepemilikan ke konglomerat Uni Emirat Arab, Sheikh Mansour, The Citizens mengajukan tawaran sebesar £50 juta atau setara kurs waktu itu Rp902 miliar.

Awalnya kala itu Direktur Eksekutif yang baru ditunjuk, Garry Cook, diminta langsung melakukan negosiasi dengan sejumlah klub untuk membeli pemain.


Cook pun harus bergerak cepat bahkan terkesan terburu-buru karena masa jendela transfer pemain sangat dekat dengan tenggat. Man City memang beralih kepemilikan dari Thaksin Shinawatra lantaran asetnya dibekukan karena kasus dugaan korupsi di Thailand ke Sheikh Mansour pada akhir Agustus 2008.

Manchester City selalu bertabur para pemain bintang usai dibeli oleh Shiekh Mansour. (Manchester City selalu bertabur para pemain bintang usai dibeli oleh Shiekh Mansour. (REUTERS/Jon Super)
Dilansir dari The Sun, Man City mengalami kerugian hingga £29,7 juta (Rp532 miliar) di pengujung peralihan klub dari Shinawtra ke Mansour pada 31 Mei 2008. Alhasil, klub merekrut Cook untuk memuluskan misi peralihan kepemilikan.

Saat itu Mansour tertarik menggelontorkan dana besar ke The Citizens dengan syarat klub merencanakan belanja besar-besaran sejumlah pemain bintang.

The Citizens pun resmi beralih kepemilikan dari pengusaha asal Thailand itu ke Mansour per 30 Agustus 2008. Tak pelak, Cook hanya punya waktu 24 jam untuk belanja para pemain bintang karena 31 Agustus merupakan batas akhir jendela transfer awal musim di Liga Primer Inggris.

Cook bersama orang kepercayaan Shinawatra, Pairoj Piempongsant, segera melakukan penawaran kepada sejumlah klub untuk membeli pemain pada menit-menit terakhir.

Di tengah kesibukan melalui sambungan telepon dan diskusi yang begitu terburu-buru, momen tersebut digambarkan sebagai situasi gila di Man City yang mencoba sekilat mungkin membeli pemain bintang.

Secara tiba-tiba, Cook menerima telepon dari pihak ketiga untuk memastikan keseriusan Man City merekrut Messi. Ia pun disebut-sebut dalam posisi bingung, namun tertarik.

Dikabarkan orang dalam Man City waktu itu, Cook menjawab: "Tentu, lakukan saja. Jika berhasil [penawaran untuk Messi], luar biasa."

Kenyataannya, upaya tersebut gagal total. Penawaran Man City sebesar £50 juta dianggap menyinggung pihak Barcelona karena sosok kebintangan La Pulga. Terlebih saat itu penyerang asal Argentina tersebut juga ikut membawa Barca juara Liga Champions musim 2005/2006.

Angka penawaran itu dianggap terlalu kecil untuk status bintang. Pembandingnya adalah rival Messi, Cristiano Ronaldo, yang waktu itu dilepas Manchester United ke Real Madrid pada 1 Juli 2009 dengan nilai transfer €94 juta atau setara Rp1,3 triliun berdasarkan kurs waktu itu. (bac/har)