Resmi: Persebaya Rekrut Dua Pemain Timnas Indonesia U-16

jun, CNN Indonesia | Minggu, 06/01/2019 19:22 WIB
Resmi: Persebaya Rekrut Dua Pemain Timnas Indonesia U-16 Brylian Aldama resmi gabung Persebaya Surabaya. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Persebaya Surabaya resmi mengontrak dua pemain Timnas Indonesia U-16, yakni pemain tengah Brylian Aldama dan kiper Ernando Ari untuk proyek jangka panjang.

"Mereka masuk dalam proyek jangka panjang Persebaya," ujar Manajer Persebaya Candra Wahyudi di sela-sela penyerahan jersey di Surabaya seperti dikutip dari Antara, Minggu (6/1).

Di Timnas U-16, Brylian Aldama dan Ernando Ari merupakan pemain inti Garuda Muda yang sukses menciptakan sejarah usai memenangi turnamen Piala AFF U-16 tahun 2018 di Sidoarjo, Jawa Timur.


Bahkan, Brylian pada 2017 pernah menyandang ban kapten sekaligus membawa Timnas Indonesia U-16 juara "Tien Phong Plastic Cup".

Sedangkan, Ernando Ari menjadi benteng terakhir Timnas yang pada partai final melawan Thailand. Ia tercatat sukses menepis dua tendangan penalti lawan dan disebut-sebut sebagai salah satu kiper masa depan Timnas Indonesia.

Brylian Aldama menjadi salah satu pilar Timnas Indonesia U-16.;Brylian Aldama menjadi salah satu pilar Timnas Indonesia U-16. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Kedua pemain tersebut, kata Candra, dikontrak di atas dua tahun dan diharapkan saat usia matang bisa menghuni skuat Persebaya senior dan membantu tim meraih hasil terbaik di Liga Indonesia.

"Kalau sekarang mereka belum bisa karena usianya masih 16, tapi 1-2 tahun lagi tak ada yang tidak mungkin. Semisal, bek dan kapten Timnas U-19, Rahmat Irianto, bisa masuk tim senior di usia 17 tahun," ucapnya.

Sementara itu, Brylian dan Ernado Ari mengaku bangga bisa dikontrak dan menjadi bagian jangka panjang dari Persebaya, terlebih merupakan tim impiannya sejak kecil.

"Siapa yang tidak bangga pakai kostum Persebaya? Tim ini adalah impian saya sejak kecil dan terima kasih karena manajemen telah mengontrak. Semoga saat-saat mendatang bisa masuk ke tim senior dan bermain di hadapan Bonek," kata Brylian, yang merupakan putra daerah kelahiran Surabaya tersebut.

Selain Brylian dan Ernando Ari, Persebaya juga mengontrak dua pemain lainnya, yakni M Iqbal serta Vito Rendi Candra Ananda.

Keempat pemain itu merupakan bagian dari tim Pro Elite Academy Persebaya U-16 di bawah asuhan Yongky Kastanja yang turut membawa tim ke babak delapan besar Liga 1 U-16 musim lalu. (jun)