Indra Sjafri: Saya Harus Lupakan Timnas Indonesia U-19

CNN Indonesia | Jumat, 04/01/2019 19:57 WIB
Indra Sjafri: Saya Harus Lupakan Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri mengatakan bakal fokus menangani Timnas Indonesia U-22 dan melupakan masa-masa di Timnas Indonesia U-19. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Indra Sjafri berjanji akan fokus menangani Timnas Indonesia U-22 dan melupakan masa-masa ketika pernah tangani Timnas Indonesia U-19.

Tahun lalu, Indra merupakan pelatih Timnas Indonesia U-19. Kali ini, ia dipercaya untuk bisa membawa Timnas Indonesia U-22 juara dalam Piala AFF U-22 di Kamboja.

"Satu target pertama saya [di Timnas Indonesia U-22]: saya harus move on [melupakan] dari U-19 ke U-22. Yang kedua, tentu seperti yang kami sudah bicarakan dalam beberapa hari ini, kami akan bikin suatu program yang benar-benar bisa mengantarkan tim ini [jadi juara]," kata Indra usai konferensi pers di Hotel Sultan, Jumat (4/1).


"Pertama, kami harus bikin tim U22 yang benar-benar siap untuk kami pertandingkan di SEA Games nanti. Dan hal tersebut kami awali dengan pemilihan pemain yang benar, seleksi yang benar nanti," katanya menambahkan.

Egy Maulana Vikri masuk dalam skuat Timnas Indonesia U-22 arahan Indra Sjafri. (Egy Maulana Vikri masuk dalam skuat Timnas Indonesia U-22 arahan Indra Sjafri. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Sebanyak 38 pemain dipanggil Indra untuk menjalani pemusatan latihan di Lapangan ABC Gelora Bung Karno pada Senin (7/1). Ia hanya memiliki waktu persiapan kurang lebih satu bulan sebelum terbang ke Kamboja pada 14 Februari.

Menanggapi waktu persiapan yang mepet, Indra mengatakan hal tersebut sesungguhnya dihadapi semua pelatih di dunia.

"Tidak bisa menghindar dari situasi waktu yang pendek, pemusatan latihan sebetulnya cukup tiga sampai empat hari kalau sumber pemainnya siap."

"Ini yang PSSI sedang buat langkah-langkah bahwa mendatang pembinaan pemain itu di klub. Program tentu akan kami persiapkan, maka dari itu kami akan bikin cara [pemusatan latihan] yang efektif," ucap Indra.

Sebelumnya Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, menargetkan Timnas Indonesia U-22 untuk juara Piala AFF U-22 2019.

Tisha menyampaikan Timnas Indonesia U-22 menjadi salah satu pilar penting di nomor tim nasional. Dari seluruh agenda tim nasional, ia melanjutkan, skuat arahannya adalah yang paling padat agendanya.

"Untuk Piala AFF, dari PSSI mempercayakan coach Indra untuk bisa mempersiapkan tim dengan baik tentunya menjadi juara itu impian kami bersama dan menjadi motivasi yang lebih bagi Timnas U-22 sendiri, namun target kami sebenarnya itu ada di kualifikasi Piala AFC U-23 [Maret 2019]," ujar Tisha.

Mengenai uji coba sebagai persiapan untuk Piala AFF U-22 tersebut, Tisha belum bisa memastikan.

"[Uji coba] terdekat kemungkinan ada di awal Februari seperti periodisasi yang coach Indra berikan. Namun lawannya masih kami harus konfirmasi, karena posisinya sangat mepet dengan Piala AFF [U-22 2019], kami sudah harus berangkat tanggal 14 [Februari]. Maka kami harus diskusikan lagi apakah uji coba luar negeri akan kami jalani pada Februari atau tidak," ujarnya melanjutkan. (map/jun)