Legenda Persib Jadi Asisten Pelatih Timnas Indonesia U-22

CNN Indonesia | Jumat, 04/01/2019 18:51 WIB
Legenda Persib Jadi Asisten Pelatih Timnas Indonesia U-22 Legenda Persib Nova Arianto jadi asisten Indra Sjafri di Timnas Indonesia U-22. (Antara Foto/Nyoman Budhiana)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan pemain sekaligus legenda Persib Bandung, Nova Arianto, ditunjuk menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia U-22.

Nova mendampingi juru Indra Sjafri yang bakal menangani skuat Garuda Muda. Selain mantan bek Maung Bandung itu, nama Yunan Helmi juga ditunjuk sebagai asisten pelatih.

"Sesuai arahan Pak Ketum [PSSI, Edy Rahmayadi], ini tim terbaik. Oleh sebab itu ada beberapa tim [kepelatihan] yang selama ini mendampingi saya sekian tahun, terpaksa saya cari pendamping [asisten] baru," kata Indra Sjafri dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (4/1).


Nova sendiri banyak dikenal kala ia memperkuat Persib pada 2007 hingga 2011. Salah satu yang paling diingat publik terutama Bobotoh adalah selebrasi unik bergaya 'Suster Ngesot' ketika ia mencetak gol ke gawang tim-tim lawan.

Legenda Persib Jadi Asisten Pelatih Timnas Indonesia U-22Indra Sjafri resmi ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia U-22 didampingi Nova Arianto. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Ia juga pernah memperkuat Sriwijaya FC kemudian ke Pelita Bandung Raya (PBR) usai membela Maung Bandung.

Setelah gantung sepatu pada 2015, putra dari pelatih kawakan Sartono Anwar itu memulai karier kepelatihan. Pada 2014 di pengujung kariernya sebagai pemain, Nova sebenarnya juga berstatus sebagai asisten pelatih di PBR.

Setelah itu, ia mencoba peruntungan menangani Madiun Putra FC pada kompetisi kasta kedua, Indonesian Soccer Championship (ISC) B musim 2016/2017. Ia menjalani debut sebagai pelatih pada 14 Mei 2016 ketika Madiun Putra FC menghadapi PSBI Kabupaten Blitar.

Nova menjalani debutnya secara manis dengan membawa Madiun Putra mengalahkan PSBI dengan skor telak 6-1 di Stadion Wilis Madiun.

Ia kemudian hijrah ke tim Bhayangkara FC U-21 pada tahun yang sama sebelum merapat ke Lampung Sakti FC yang saat itu sempat berlaga di Liga 2. Sayangnya, klub tersebut turun kasta ke Liga 3 2018.

Sementara itu, Yunan sebelumnya merupakan orang kepercayaan pelatih Barito Putera, Jacksen F Tiago, sebagai asisten pelatih. (map/jun)