ADS Sebut Sosok Wanita Perantara Suap di Final Piala AFF 2010

CNN Indonesia | Kamis, 20/12/2018 06:34 WIB
ADS Sebut Sosok Wanita Perantara Suap di Final Piala AFF 2010 Maman Abdurrahman disebut-sebut ADS dalam dugaan suap pengaturan skor di final Piala AFF 2010. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan manajer Timnas Indonesia, Andi Darussalam Tabusalla, mengungkapkan sosok wanita yang diduga pemberi suap pada final Piala AFF 2010 silam.

Saat ditemui CNNIndonesia.com usai menjadi narasumber di program Mata Najwa di Trans7, Rabu (19/12) malam, pria yang akrab disapa ADS itu kembali mengungkapkan modus dugaan suap kepada pemain Garuda di salah satu hotel di Malaysia. Wanita tersebut yang menemui pemain yang memang bisa diajak kerja sama agar Timnas Indonesia kalah.

"Orang Indonesia, perempuan. Bukan pengurus PSSI. Dia enggak paham bola," terang ADS.


Saat ditanya lebih lanjut terkait identitas wanita tersebut, ADS enggan membeberkannya kecuali untuk keperluan membantu penyelidikan kepolisian.

Maman Abdurrahman ikut membawa Persija juara Liga 1 2018. (Maman Abdurrahman ikut membawa Persija juara Liga 1 2018. (Foto: CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)
"Dia turis lah, sudahlah. Tapi itu terakhir setelah saya tahu dapat informasi dari [kolega] Malaysia, kemudian orang ini [ada] di satu diskusi terbuka."

"Saya tanya kamu kenal mana orang-orang ini, baru dia [teman dari Malaysia] cerita. Waktu 2010, saya perkenalan awal, di situ otak saya berjalan jadi bukan tuduhan, tapi otak saya berjalan menganalisis. Setahun lebih setelah itu, baru ketahuan," ungkap ADS.

Pria yang juga pernah menjadi pengurus PSSI juga sempat menyinggung nama mantan bek Timnas Indonesia, Maman Abdurrahman, terkait dugaan suap pengaturan skor Piala AFF 2010. Namun, ia menolak disebut menuduh Maman sebagai pelaku yang menerima suap.

"Saya sebut nama dia (Maman) karena dia yang membuat kesalahan itu. Saya tidak mengatakan bahwa dia terlibat, tidak. Tapi itu kesalahan dimulai dari bek itu kebetulan Maman."

"Bisa dilihat di gol pertama. Terjadinya gol pertama itu dari Maman. Itu kesalahan Maman. Sebetulnya bola itu dibiarkan Maman. Dia tahan [bola] dicuri dia. Saya tidak katakan Maman terlibat atau tidak," tutur ADS.

CNNIndonesia.com sempat mencoba menghubungi Maman via telepon maupun pesan Whatsapp, namun hingga berita ini diturunkan belum ada respons dari bek bek Macan Kemayoran itu.

Garuda kalah agregat 2-4 dari Malaysia pada final Piala AFF 2010. Pada leg pertama, skuat arahan Alfred Riedl saat itu dibantai 3-0 di kandang Harimau Malaya. Di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada leg kedua, Merah Putih hanya menang 2-1.

Padahal, sebelumnya publik sangat yakin Timnas Indonesia meraih juara dengan mengalahkan Malaysia di final. Pasalnya, pada laga fase grup di Jakarta, Harimau Malaya dihajar 5-1 oleh skuat yang kala itu dilatih Alfred Riedl. (TTF/bac)