Eks Winger Timnas Indonesia U-16 Dilepas Risma ke Liverpool

CNN Indonesia | Sabtu, 17/11/2018 21:35 WIB
Eks Winger Timnas Indonesia U-16 Dilepas Risma ke Liverpool M. Supriadi bakal berlatih di akademi Tranmere FC. (AFC/Adam Aidil Padali)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan pemain sayap Timnas Indonesia U-16 Mochamad Supriadi dilepas Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini ke Liverpool guna mendalami ilmu sepak bola.

Perjalanan ke Liverpool ini akahirnya bisa terlaksana setelah sebelumnya sempat tertunda karena Supriadi masih disibukkan dengan Timnas Indonesia U-16 baik di Piala AFF atau Piala Asia.

Supriadi tidak sendiri, sebanyak sembilan pemain yang yang merupakan hasil seleksi turnamen sepak bola U-14 Piala Wali Kota Surabaya juga diberangkatkan ke Inggris. Kesembilan pemain itu adalah buah dari pemantauan legenda Persebaya Jacksen F. Tiago beserta timnya.


Di Negeri Ratu Elizabeth itu Supriadi dan kawan-kawan akan berlatih di salah satu akademi sepak bola tertua di Kota Liverpool, Transmere FC.

Keberangkatan Supriadi dan sembilan pemain lainnya merupakan bagian dari kerja sama Pemerintah Kota Surabaya dengan Kota Liverpool sebagai sister city.

Menurut Risma di Akademi Tranmere FC nanti Supriadi dan sembilan pemain lain akan mendapatkan pelatihan teori dan juga fisik. Bagi Risma ini adalah langkah yang baik, ia juga berharap kesepuluh pemain itu dapat menyerap ilmu sebanyak mungkin selama dua minggu berada di kota pelabuhan tersebut.

"Saya berharap mereka nanti dapat teori dan dapat pemeriksaan fisik yang lengkap, jadi kita akan dapat fasilitas itu," kata dia di Balai Kota Surabaya, Sabtu (17/11).

Supriadi membawa Timnas Indonesia U-16 juara Piala AFF 2018.Supriadi membawa Timnas Indonesia U-16 juara Piala AFF 2018. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Lebih dari itu Risma juga menuturkan kesepuluh anak dari Surabaya tersebut memiliki peluang untuk bersekolah dan menimba ilmu lebih lama di Liverpool. Politisi Partai PDIP itu sangat berharap Supriadi dan sembilan pemain lainnya menjadi pesepakbola profesional yang bisa memperkuat klub Eropa dan membawa nama Indonesia mendunia.

"Kalau orang tuanya membolehkan, kita akan cari cara dan bisa menyekolahkan anak ini, jadi perawatannya sungguh-sungguh, tidak setengah-setengah," kata Risma.

Sementara itu Wakil Wali Kota Liverpool Gerry Miller menyebut Liverpool salah satu kota terbaik dunia.

"Liverpool adalah tiga tim terhebat, dan di sini 10 anak akan datang ke Inggris di bawah kepemimpinan Risma. Kami akan membuat anak-anak ini hebat, dan akan kembali dua minggu lagi menjadi pesepakbola yang lebih baik," kata Miller.

Sepak bola, kata Gary bukanlah tentang kualitas satu pemain saja, melainkan kerja sama tim. Hal itulah yang akan dipelajari kesepuluh remaja Surabaya ini selama di Liverpool.

Supriadi sendiri mengaku bangga bisa mendapatkan kesempatan untuk berlatih di Kota Liverpool. Ia juga sudah menyiapkan segalanya untuk bisa semaksimal mungkin memanfaatkan hal itu.

"Ya terutama [mempersiapkan] mental sama kondisi fisik, cuaca di sana juga pasti beda," ujar Supriadi. (frd/sry)