Cedera Paksa Van der Vaart Pensiun Lebih Cepat

CNN Indonesia | Selasa, 06/11/2018 03:31 WIB
Cedera Paksa Van der Vaart Pensiun Lebih Cepat Rafael van der Vart (REUTERS/Piroschka van de Wouw)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan pemain timnas Belanda Rafael van der Vaart memutuskan pensiun lebih cepat dari keinginannya karena tak kunjung pulih dari cedera.

Setelah malang-melintang tampil di klub ternama Eropa seperti Real Madrid dan Tottenham Hotspur, Van der Vaart memilih berlabuh ke Denmark Esbjerg pada musim panas kemarin.

Namun, pesepakbola berusia 35 tahun itu tak banyak bermain karena tak kunjung pulih dari cedera. Pemain jebolan Ajax Amsterdam itu akhir memutuskan gantung sepatu.


"Saya harus berhenti sekarang. Saya datang ke sini untuk bermain sepak bola bukan untuk terus melakukan pemulihan. Kesenangannya akan berbeda dan itulah mengapa saya melakukannya [pensiun]," kata Van der Vaart seperti dikutip De Telegraaf.

Pada puncak kariernya Van der Vaart merupakan andalan lini tengah timnas Belanda bersama Wesley Sneijder dan Mark van Bommel, bermain di dua Piala Dunia dan tiga Piala Eropa.

Cedera memang kerap menjadi hantu bagi karier Van der Vaart. Ia pernah dicoret dari skuat Tim Oranye lantaran mengalamai cedera betis sepekan sebelum Piala Dunia 2014 dimulai.

Van der Vaart yang telah menjalani 109 caps bersama timnas Belanda sebenarnya masih ingin berkarier hingga tua. Namun, rencananya urung terwujud karena 'hantu' cedera.

"Saya sebenarnya ingin menjadi pesepakbola sampai tua namun itu tidak terjadi. Saya hanya bisa bersyukur karena sudah diizinkan bermain sepak bola selama bertahun-tahun, bersama semua pemain, staf, dan para suporter."

"Mulai dari [Johan Cruijff] Arena, Volksparkstadion, White Hart Lane hingga [Santiago] Bernabeu. Saya hanya punya kenangan bagus soal itu, itu merupakan masa-masa yang menyenangkan," tuturnya. (jun/jun)