logo CNN Indonesia

Klub-klub China Bakal Kena Pajak 100 Persen untuk Beli Pemain

, CNN Indonesia
Klub-klub China Bakal Kena Pajak 100 Persen untuk Beli Pemain Carlos Tevez adalah nama besar dalam sepak bola dunia yang merapat ke China. (AFP PHOTO / STR)
Jakarta, CNN Indonesia -- Klub-klub Liga Super China terancam membayar pajak hingga 100 persen untuk pemain asing yang akan ditransfer tengah musim ini. Jendela transfer tengah musim China baru dibuka awal pekan ini.

Hal itu terjadi lantara asosiasi sepak bola China (CFA) mengajukan proposal untuk menghindari pembelian jor-joran oleh klub yang mengeluarkan dana transfer dalam jumlah bombastis.

Pada jendela transfer musim dingin lalu, klub-klub China total mengeluarkan dana transfer hingga £331 juta. Total pada musim 2016/17 pengeluaran seluruh klub Liga Primer Inggris untuk transfer pemain sekitar Rp£231 juta.

Sementara itu di China, pada jendela transfer lalu secara mengejutkan mendatangkan Oscar, Axel Witsel, Carlos Tevez, dan Graziano Pelle.

Pada jendela transfer ini, dua nama besar yang berpeluang merapat ke China adalah Wayne Rooney dan Diego Costa. Bahkan, Zlatan Ibrahimovic dan Cristiano Ronaldo pun berpeluang merapat terkait situasi di klub masing-masing.

Jendela transfer untuk Liga Super China bakal dibuka hingga 14 Juli mendatang.

Juru bicara administrasi umum olahraga China, seperti dikutip dari BBC Sport, menyatakan mencoba mencegah klub-klub sepak bola di negaranya untuk menghambur-hamburkan uang. Dan, dengan ancaman pajak 100 persen bagi setiap transfer pemain akan membuat klub China memperbesar gaji hingga dua kali lipat.

Sebelumnya, China sudah melakukan langkah pertama dengan memperketat batasan pemain asing yang boleh dipakai dalam pertandingan. Hanya boleh ada tiga pemain non-China yang bermain dalam satu pertandingan. Selain itu, tahun depan China sedang menggodok rencana memaksa klub memainkan pemain U-23 lebih banyak dibandingkan pemain asing. (kid/bac)

0 Komentar
Terpopuler
CNN Video