logo CNN Indonesia

Tiga SDM Kemenkeu Bantu Kelola Keuangan INASGOC

, CNN Indonesia
Tiga SDM Kemenkeu Bantu Kelola Keuangan INASGOC
Jakarta, CNN Indonesia -- Demi meminimalisir terjadinya penyalahgunaan anggaran di tubuh panitia penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC), Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengirimkan tiga sumber saya manusia (SDM) untuk bekerja bersama dari kebutuhan sepuluh orang. Sisanya, akan diisi SDM dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Kemenpora).

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot S Dewa Broto kepada CNNIndonesia.com, Jumat (21/4) sore. Langkah itu juga dilakukan supaya adanya transparansi keuangan pada anggaran INASGOC.

Kehadiran tiga SDM dari Kemenkeu itu dalam rangka mempercepat pencairan dana persiapan Asian Games 2018. Sebelumnya, Presiden INASGOC Erick Thohir berharap agar anggaran 2017 untuk INASGOC dapat cair maksimal medio Mei 2017 untuk mempercepat kinerja panitia.

"Mereka akan bertugas seperti layaknya BPK (Badan Pengawas Keuangan), seperti PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) atau bendahara untuk membantu mengelola keuangan INASGOC. Mereka juga akan bertugas langsung di bawah INASGOC," kata Gatot.

Sementara itu, terkait pembentukan Badan Layanan Umum (BLU) untuk INASGOC, Gatot menjelaskan saat ini masih dalam pembahasan di wilayah pembentukan Satuan Kerja (Satker). Itu bisa terwujud setelah adanya usulan dari Kemenpora melalui Menpora Imam Nahrawi kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemen PAN).

"Akan dilihat lagi bagaimana visi misinya, rencana bisnisnya seperti apa? SDM nya bagaimana? Kegiatannya apa saja? Apa yang harus dilakukan," jelasnya.

Nantinya, orang-orang yang akan mengisi Satker untuk BLU itu tidak boleh diisi oleh mereka yang berstatus PNS (Pegawai Negeri Sipil). Pun, jika yang ditunjuk adalah mereka yang berstatus PNS, orang tersebut disebut Gatot harus memilih untuk mencopot statusnya sebagai PNS.

Lewat proses yang saat ini terus dikebut, Gatot yakin keinginan Erick Thohir supaya dana persiapan Asian Games untuk anggaran 2017 bisa cair pada pertengahan Mei mendatang.

Pemanasan SEA Games 2017

Sementara itu tiga minggu sebelum berlaga di ajang SEA Games 2017 Malaysia, pegolf pemusatan latihan nasional akan diuji kemampuannya saat berlaga di Olympic Jawa Barat Amateur Open (OJAO) III/2017. Turnamen yang diselenggarakan oleh Persatuan Golf Indonesia (PGI) Jabar dan olympic Golf Club itu akan berlangsung di Emeralda Golf Club, Cimanggis, Jabar 25.27 Juli mendatang.

Selain bertanding dengan pegolf terbaik dari 34 provinsi di Indonesia pada OJAO III ini, Narajie dan kawan-kawan yang tergabung dalam Pelatnas juga akan berhadapan dengan pegolf terbaik dari negara Asia Tenggara, seperti Malaysia, Thailand, Singapuran, Filipina, Vietnam, Brunei Darussalam, dan Myanmar.

"OJAO III bisa menjadi ajang uji coba para atlet SEA Games. Mereka bisa menjajal kemampuan mereka sebelum SEA Games. Dengan makin dekatnya SEA Games 2-17, para peserta tentu akan membutuhkan turnamen-turnamen kompetitif untuk menjaga performa dan sekaligus mengasah kemampuan mereka," kata ketua PGI Jabar HM Sirodzudin.

0 Komentar
Terpopuler
CNN Video