Alfred Riedl: Thailand Bagus Sekali di Babak Pertama

Jun Mahares, CNN Indonesia | Rabu, 14/12/2016 22:25 WIB
Alfred Riedl: Thailand Bagus Sekali di Babak Pertama Timnas Thailand bermain dominan di babak pertama dan menyulitkan timnas Indonesia. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Cibinong, CNN Indonesia -- Pelatih tim nasional Indonesia tetap mengakui timnas Thailand sebagai yang terbaik di Asia Tenggara, meski ia baru saja membawa skuat Merah Putih menang 2-1 di final leg pertama Piala AFF 2016.

Menurutnya permainan yang ditunjukkan Riedl di laga yang digelar di Stadion Pakansari tersebut menunjukkan bahwa Thailand tetap tim tangguh.

"Ini pertandingan yang sangat sulit untuk Indonesia melawan tim yang lebih baik, terutama di babak pertama," kata Riedl dalam konfrensi pers setelah pertandingan.


"Thailand menunjukkan diri merupakan tim terbaik di Asia Tenggara, sangat jelas di babak pertama. Mereka bermain sangat bagus dengan kualitas operan yang bagus."

Indonesia menang 2-1 di final leg pertama, Rabu (14/12). Indonesia sempat tertinggal di babak pertama ketika Teerasil Dangda membobol gawang lewat tandukannya, memanfaatkan umpan Theerathon Bunmathan.

Indonesia akhirnya mampu menciptakan gol pada menit ke-65 melalui tendangan jarak jauh Rizky Pora dan kemudian berbalik unggul ketika Hansamu Yama Pranata mencetak gol melalui sundulan pada menit ke-79, menyambut umpan Rizky Pora.

Meski mengakui kehebatan Thailand, Riedl masih meyakini bahwa timnas Indonesia pun suatu saat bisa menyaini kesebelasan yang dijuluki Gajah Perang tersebut.

Hanya saja, ia meminta agar pendukung Indonesia memberikan waktu agar skuat Merah Putih berkembang.

"Saya pikir, Indonesia bisa berada selevel dengan Thailand jika kami terus membangun timnas sama seperti saat ini. Saya percaya itu," katanya.

"Tapi, Indonesia butuh waktu untuk lebih baik lagi. Tapi, setidaknya butuh waktu dua tahun ke depan untuk membangun tim seperti Thailand." (vws)