Tak Ada Pemain Timnas Indonesia Absen di Final Leg Kedua

Vetriciawizach, CNN Indonesia | Rabu, 14/12/2016 22:09 WIB
Tak Ada Pemain Timnas Indonesia Absen di Final Leg Kedua Timnas Indonesia menang 2-1 di final leg pertama Piala AFF 2016 melawan Thailand. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tim nasional Indonesia dan Thailand bisa bernapas lega setelah mengakhiri leg pertama final Piala AFF 2016, Rabu (14/12) tanpa mengoleksi satu pun kartu kuning. Hal ini berarti kedua kesebelasan bisa bermain dengan seluruh pemain inti di pertandingan leg kedua.

Sebelumnya ada lima pemain yang terancam tidak bisa bermain di leg kedua seandainya mengoleksi satu kartu kuning lagi. Satu dari kubu Thailand dan empat dari kubu Indonesia.

Pemain dari Thailand tersebut adalah gelandang bernomor punggung enam, Sarach Yooyen yang mengoleksi satu kartu kuning di semifinal leg pertama melawan Myanmar.


Sementara di kubu Indonesia, empat pemain yang sempat terancam adalah tiga bek Hansamu Yama Pranata, Muhammad Abduh Lestaluhu, dan Beny Wahyudi, serta kiper Kurnia Meiga Hermansyah.

Indonesia menang 2-1 di final leg pertama, Rabu (14/12). Indonesia sempat tertinggal di babak pertama ketika Teerasil Dangda membobol gawang lewat tandukannya, memanfaatkan umpan Theerathon Bunmathan.

Indonesia akhirnya mampu menciptakan gol pada menit ke-65 melalui tendangan jarak jauh Rizky Pora yang tak mampu ditepis Kawin Tamsattchanan dan bola bersarang ke sisi kiri gawang Thailand.

Kawin tampaknya tak bisa mengantisipasi tendangan Rizky Pora karena bola sempat mengenai pemain Thailand sehingga secara cepat berubah arah.

Indonesia kemudian berbalik unggul ketika Hansamu Yama Pranata mencetak gol melalui sundulan pada menit ke-79, menyambut umpan Rizky Pora.

Leg kedua final akan digelar di Stadion Rajamangala, Bangkok, pada Sabtu (17/12) malam.

(vws)