Pelatih Thailand: Kebobolan Akibat Kesalahan Sendiri

Jun Mahares & Dika Dania Kardi, CNN Indonesia | Rabu, 14/12/2016 21:41 WIB
Pelatih Thailand: Kebobolan Akibat Kesalahan Sendiri Kiatisuk Senamuang mengakui kebobolan dua gol di babak kedua adalah murni kesalahan para pemainnya. (Reuters/Damir Sagolj)
Cibinong, CNN Indonesia -- Timnas Indonesia berhasil mengatasi timnas Thailand dengan skor 2-1 pada laga leg pertama final Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu (14/12) malam WIB.

Dalam laga tersebut, timnas Indonesia sempat tertinggal 0-1 dari Thailand pada babak pertama. Penyerang sekaligus kapten Thailand Teerasil Dangda berhasil menjebol gawang Kurnia Meiga pada menit ke-33 menyambut umpan silang Theeraton Bunmathan.

Namun keunggulan itu sirna di babak kedua.


Walaupun sempat menekan pertahanan timnas Indonesia di awal babak kedua, skuat Garuda justru berhasil membalikkan keunggulan jadi 2-1. Keunggulan timnas Indonesia diperoleh berkat gol Rizky Pora (65') dan Hansamu Yama (70').

Usai pertandingan, Pelatih timnas Thailand, Kiatisuk Senamuang mengaku dirinya kecewa dengan kecolongan dua gol di babak kedua.

"Kami kebobolan dua gol karena kesalahan sendiri. Gol pertama [yang dicetak Rizky Pora], kami tak menyangka sepakan jarak jauh pemain Indonesia," kata Kiatisuk di Pakansari usai pertandingan.

"Gol kedua [yang dicetak Hansamu Yama] karena kami kurang konsentrasi ketika sedang bertahan."

Kiatisuk--yang ketika masih bermain bola disamakan legenda Brasil, Zico--itu pun mengapresiasi performa pemain timnas Indonesia dalam laga leg pertama ini. Ia pun memuji kecepatan serta kemampuan organisasi permainan yang baik dari skuat Indonesia.

Meskipun kalah di leg pertama, Kiatisuk menyatakan timnya tak akan berkecil hati. Setelah malam yang melelahkan, baik timnas Thailand dan timnas Indonesia akan terbang ke Bangkok besok. Kedua tim itu akan bersiap untuk melakoni leg kedua final Piala AFF 2016 yang bakal digelar di Stadion Rajamangala, Sabtu (17/12).

"Tapi, Kami masih punya peluang di leg kedua nanti apapun masih bisa terjadi," ujar Kiatisuk yang mampu membawa Thailand juara Piala AFF 2014 silam sebagai pelatih.

(kid)