Abdul Somad Juga Batal Ceramah di Kudus Sebelum Ditolak UGM

Antara, CNN Indonesia | Rabu, 09/10/2019 21:16 WIB
Abdul Somad Juga Batal Ceramah di Kudus Sebelum Ditolak UGM Penceramah asal Riau, Ustaz Abdul Somad batal menjadi penceramah di tabligh akbar di Kota Kudus, Jawa Tengah. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Acara tausiah dari Ustaz Abdul Somad di Universitas Gadjah Mada dibatalkan pihak kampus. Tabligh Akbar penceramah asal Riau itu juga dibatalkan di Pondok Pesantren Anak Berkebutuhan Khusus Al Achsaniyyah Pedawang, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Dilansir dari Antara,  Tabligh Akbar di sana ditiadakan, namun Ustaz Abdul Somad tetap datang dalam kapasitas silaturahim dengan para penghuni pesantren. Abdul Somad yang hadir Selasa (8/10) sore, diberi kesempatan meletakkan batu pertama pembangunan gedung untuk ruang pertemuan maupun keterampilan.

Abdul Somad bertemu dengan para santri Ponpes Al Achsaniyyah yang merupakan anak berkebutuhan khusus dan berbincang-bincang sejenak.


Lantaran tablig akbar dengan tema Urip Iku Urup ditiadakan, Abdul Somad diberikan kesempatan untuk menyampaikan kesan dan pesannya selama 7 menit.

"Sebelum saya hadir, saya bilang kepada Kiai Muhammad Faiq Aftoni pengasuh Ponpes Al Achsaniyyah jika kehadiran saya menimbulkan kebaikan akan datang. Sebaliknya, jika memberatkan, tidak akan datang," kata Abdul Somad.

Abdul Somad menyebut tetap berpikir positif. Menurutnya, caci maki maupun sumpah serapah tidak akan menyelesaikan masalah. Selain itu, dia menyatakan bersikap mengalir seperti air karena kehadirannya memang atas keinginan sendiri.

"Biarlah kehadiran saya juga untuk mempromosikan Ponpes Al Achsaniyyah," ujarnya.

Masih dalam rangkaian di Kudus itu, pada Rabu (9/10), Abdul Somad menyempatkan diri berkunjung ke Kompleks Makam dan Masjid Menara Sunan Kudus.

Setelah berziarah ke Makam Sunan Kudus, Abdul Somad kemudian bergegas meninggalkan Makam Sunan Kudus menuju SMP-SMK NU Al Ma'ruf Kudus.

Guru SMK NU Al Ma'ruf, Hakim mengatakan kedatangan Ustad Abdul Somad hanya sebentar.

"Tidak ada ramah tamah. Setelah mendoakan siswa, UAS kemudian menuju ke Bandara Ahmad Yani Semarang," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, rektorat Universitas Gadjah Mada membatalkan rencana kuliah umum yang digelar Takmir Masjid Kampus dengan menghadirkan Abdul Somad. Sedianya acara tersebut dihelat pada Sabtu (12/10).

[Gambas:Video CNN]
Kepala Bagian Humas dan Protokol UGM Iva Ariani menyatakan bahwa pimpinan dari UGM yang langsung meminta agar acara tersebut dibatalkan.

"Berkaitan dengan acara yang rencananya akan diselenggarakan tanggal 12 Oktober 2019, maka pimpinan universitas meminta agar acara tersebut dibatalkan," kata Iva kepada CNNIndonesia.com, Rabu (9/10) saat ditanya perihal pembatalan acara Abdul Somad.

(ain)