Vanessa Angel Jalani Sidang Perdana di PN Surabaya

CNN Indonesia | Rabu, 24/04/2019 12:38 WIB
Vanessa Angel Jalani Sidang Perdana di PN Surabaya Vanessa Angel. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)
Surabaya, CNN Indonesia -- Aktris Vanessa Angel dijadwalkan menjalani sidang perdana kasus pelanggaran UU ITE terkait penyebaran konten asusila di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Rabu (24/4) siang.

Kepala Seksi Penerangan Hukum Richard Marpaung mengatakan, sidang tersebut, beragenda pembacaan dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk Vanessa.

PN Surabaya pun, kata dia, telah mengeluarkan penetapan jadwal sidang atas nama terdakwa Vanessa Adzania alias Vanessa Angelia Adzan alias Vanessa Angel.


"Jadwalnya (sidang perdana Vanessa) memang hari ini. Jaksanya sudah menerima penetapan jadwal sidang," ujar Richard saat dikonfirmasi.


Richard menambahkan, dalam sidang itu dakwaan Vanessa, akan dibacakan JPU yang telah ditunjuk yakni jaksa dari Kejaksaan Tinggi Jawa Timur R.A Dhini Ardhani.

"Rencananya akan dibacakan jaksa bu Dhini, atau tim yang ditunjuk," tambahnya.

Sementara itu, salah satu kuasa hukum Vanessa, Rahmat Santoso mengatakan pihaknya siap menghadapi kasus ini di pengadilan. Ia berharap, kasus ini akan jelas terungkap.

"Kita sudah siap mendampingi Vanessa. Kita berharap, kasus ini nanti akan dapat membuka banyak hal," ujarnya.

Sebelumnya, dalam kasus ini Vanessa Angel, dianggap telah mendistribusikan konten asusila dirinya kepada salah satu muncikari prostitusi online Endang Suhartini alias Siska.

Vanessa Angel dipersangkakan Pasal 27 ayat (1) Undang-Undang Nomor 11 tahun 2008 Jo. Pasal 45 ayat (1) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Dalam kasus ini, Vanessa sendiri telah beberapa kali hadir dalam persidangan namun hanya sebagai saksi bagi muncikari yang menjadi perantaranya dalam prostitusi daring.


[Gambas:Video CNN]

(frd/kid)