Sandi Cium Aura Kemenangan, Ma'ruf Sebut Jangan Takut ke TPS

CNN Indonesia | Selasa, 26/03/2019 08:27 WIB
Sandi Cium Aura Kemenangan, Ma'ruf Sebut Jangan Takut ke TPS Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin dan cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno usai mengikuti Debat Cawapres di Hotel Sultan, Jakarta, 17 Maret 2019. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon wakil presiden nomor urut 02 dalam Pilpres 2019Sandiaga Uno  mengungkapkan perasaannya soal aura kemenangan seperti di Pilgub DKI Jakarta 2017 silam saat berkampanye di Cengkareng, Jakarta Barat, kemarin.

"Ini mirip-mirip seperti apa yang saya rasakan di tahun 2017 di mana setiap kunjungan itu momentumnya terbangun. Sentimennya semua positif, tertawa semua, bahagia, menyongsong perubahan," kata Sandiaga di di GOR Cendrawasih, Cengkareng, Jakarta Barat, Senin (25/3) malam.

Itu diucapkan Sandi karena mengaku merinding melihat massa yang menghadiri kampanye di gelanggang olahraga tersebut. Dia pun menyatakan Jakarta Barat menjadi salah satu basis dari pegiat One Kecamatan One Center Entrepreneurship (OK OCE). OK OCE adalah program ekonomi yang digagas Sandi bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam Pilgub DKI 2017 tersebut.


Anies dan Sandi memenangi Pilgub DKI 2017 dan menyingkirkan dua paslon lain yakni Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat, dan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni.

"Saya berharap semangat ini akan membuka satu peluang yaitu peluang mencetak pengusaha-pengusaha pemula baru yang akan membuka lapangan pekerjaan kami menargetkan OK OCE menciptakan 2 juta lapangan pekerjaan baru selama lima tahun," kata mantan Wagub DKI Jakarta tersebut.


Sandiaga menjanjikan perubahan terutama di bidang ekonomi secara nasional akan diwujudkan dirinya dan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto jika terpilih dalam pilpres pada 17 April 2019 mendatang.

"Masyarakat menginginkan perubahan ekonomi. Dan itu insyaallah akan kita hadirkan pada tanggal 17 April," kata Sandiaga.

Ma'ruf Minta Masyarakat Jangan Takut Gunakan Hak Pilih

Sementara itu, calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin menjumpai masyarakat di Lebak, Banten dalam lanjutan kampanye terbuka.

Di sana, Ma'ruf mengingatkan masyarakat agar memanfaatkan hak pilih mereka. Ma'ruf meminta masyarakat jangan mau dipengaruhi bila ada yang menghalangi supaya tak datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 17 April 2019.

"Jangan mau dipengaruhi supaya tak datang ke TPS. Kalau ditakut-takuti, diintimidasi, jangan takut. Karena kita harus gunakan hak kita. Datang ke TPS, jangan mau dihalangi, jangan takut bila ditakuti, untuk memilih nomor 01 yang memakai baju putih," ujar Ma'ruf Amin di hadapan ribuan warga Lebak saat peluncuran hologram kampanye Jokowi-Ma'ruf di kediaman Mulyadi Jayabaya, Lebak, Senin malam.

Pada kertas suara untuk Pilpres 2019 yang diterbitkan Komisi Pemilihan Umum (KPU), paslon nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin memajang foto dengan busana putih-putih.


Dalam kesempatan tersebut, Ma'ruf pun meminta kepada masyarakat Lebak tidak lupa untuk mencoblos paslon nomor urut 01 di kertas suara.

"Kita meminta warga Lebak jangan lupa pilih yang berbaju putih," kata pria yang juga Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) tersebut.

"Coba saya tanya. Yang dipilih mana?", kata Ma'ruf, "yang berbaju putih," jawab para hadirin serempak.

"Putih adalah?" tanya Kiai Ma'ruf lagi, yang dijawab, "Kita" oleh warga.

Pilpres 2019 diikuti dua pasang calon presiden dan wakil presiden yakni pasangan calon nomor urut 01 Jokowi dan Ma'ruf Amin serta pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Saat ini, mereka sedang melewati proses kampanye terbuka yang berlangsung kurun waktu 24 Maret-13 April 2019 sebelum memasuki masa tenang selama tiga hari jelang pemungutan suara.


[Gambas:Video CNN] (Antara/kid)