Buron Sejak Lama, Terduga Teroris Ditangkap di Lampung

CNN Indonesia | Senin, 25/03/2019 16:00 WIB
Buron Sejak Lama, Terduga Teroris Ditangkap di Lampung Karopenmas Divisi Humas Polri, Dedi Prasetyo. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Buron kasus terorisme jaringan Lampung, Sibolga, Klaten ditangkap di Lampung Utara, Lampung. Pria berinisial K ini masuk jadi daftar pencarian orang sejak lama.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Brigadir Jenderal Dedi Prasetyo mengatakan, K diduga terkait dengan terduga teroris lain, P, yang ditangkap sebelumnya di Lampung.

"Yang ditangkap di Lampung seorang DPO. Ditangkap di Lampung Utara. Yang bersangkutan atas nama K audah diikuti sekian lama paska penangkapan P," kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta, Senin (25/3).

Sejauh ini dugaan sementara K terkait dengan aksi bom di Surabaya, Jawa Timur tahun lalu. Ia ditengarai tergabung dengan Jamaah Anshorud Daulah Lampung yang dipimpin Ujang. Ujang sendiri sudah ditangkap usai kasus bom Surabaya.


Saat ditangkap polisi hanya mengamankan barang bukti berupa telepon seluler yang diduga dipakai K untuk berkomunikasi dengan jaringan teror.

Sampai saat ini ada 12 terduga teroris yang berhasil diamankan kepolisian. Ada enam terduga teroris terkait kelompok Sibolga yakni AH, AK, Z, R, M dan yang sebelumnya telah dinyatakan meninggal, Y di Klaten.

Terdapat juga dua teroris yang di tangkap di Lampung yakni P dan K. Selain itu, di Kalimantan Timur, Abu Arkam juga telah diamankan. Polisi juga telah mengamankan dua terduga teroris di Kalimantan Barat dan Riau. (ani/sur)