Kampanye di Serang, Jokowi Puji Ma'ruf Bisa Jelaskan Unicorn

CNN Indonesia | Senin, 25/03/2019 00:14 WIB
Kampanye di Serang, Jokowi Puji Ma'ruf Bisa Jelaskan Unicorn Pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A).
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo memuji calon wakil presidennya Ma'ruf Amin sebagai ulama yang cerdas lantaran mampu menjelaskan bisnis berbasis teknologi. Misalnya, mengenai start up, unicorn, dan decacorn.

"Beliau tahu berbicara mengenai start up. Beliau tahu berbicara unicorn, beliau tahu bicara mengenai decacorn. Pintar. Cerdas," kata Jokowi di Stadion Maulana Yusuf , Serang, Banten, Minggu (24/3).

Jokowi menyebut Ma'ruf tak hanya ahli di bidang agama, tetapi juga memahami perkembangan bisnis di bidang teknologi. Ma'ruf , kata Jokowi, pun bisa menjelaskan hal - hal yang berkaitan dengan tentang ekonomi syariah.


Karena itulah, kata dia, ia memilih Ma'ruf sebagai cawapres karena yakin kapasitas intelektual Ma'ruf.

"Itulah kenapa saya memilih Profesor Kiai Haji Maruf Amin sebagai calon wakil presiden mendampingi saya. Ini akan mempersatukan ulama dan umaro," kata Jokowi.

Pada kesempatan yang sama, Jokowi juga menekankan bahwa Indonesia merupakan negara yang sarat dengan perbedaan. Mulai dari agama, suku, budaya, serta bahasa. Dia meminta kepada warga Banten yang hadir di lokasi agar menjaga persatuan dan kerukunan yang selama ini telah ada di masyarakat.

Salah satu langkah yang perlu dilakukan adalah melawan kabar bohong atau hoaks. Jokowi menganggap hoaks sudah semakin merajalela. Bahkan sudah tidak lagi beredar di ranah media sosial, tetapi disebarkan dari rumah ke rumah. Menurutnya, masyarakat harus melawan itu agar kabar bohong tidak dianggap sebagai sesuatu yang benar.

"Saudara saudara berani melawan hoaks? Berani melawan kabar fitnah? Kita semuanya harus berani. Jangan sampai persatuan kita , Jangan sampai kerukunan kita, jangan sampai persaudaraan kita pecah karena kabar bohon fitnah dan hoaks," ujar Jokowi.

Jokowi melaksanakan kampanye terbuka di Stadion Maulana Yusuf, Serang, Banten, Minggu (24/3). Acara dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya secara bersama - sama ribuan massa yang hadir.

Kampanye terbuka Jokowi juga dihadiri sejumlah elit parpol pengusung. Mereka adalah ketua umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo, ketua umum PSI Grace Natalie , dan beberapa tokoh lainnya. Mereka datang mengenakan atribut parpol masing - masing. Saat itu, Jokowi mengenakan kemeja berwarna putih dengan lengan yang digulung.

Sebelumnya, istilah unicorn sempat viral saat Jokowi menanyakan soal itu kepada capres nomor urut 02 Prabowo Subianto dalam debat pertama Pilpres 2019. Prabowo pun menanggapinya dengan pernyataan 'yang online-online itu'.

Diketahui, unicorn sendiri merupakan istilah bagi perusahaan start up dengan nilai valuasi di atas US$1 miliar.

[Gambas:Video CNN] (bmw/lav)