Kubu Jokowi Sebut Kualitas Amien Rais Makin Pudar di Hari Tua

CNN Indonesia | Rabu, 13/03/2019 17:54 WIB
Kubu Jokowi Sebut Kualitas Amien Rais Makin Pudar di Hari Tua Amien Rais kerap menyerang Jokowi dengan pernyataan yang dianggap tak berdasar. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Arsul Sani menyoroti kualitas diri Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais yang semakin memudar di hari tua. Hal ini terkait pernyataan Amien yang dinilai tak berdasar.

Amien yang juga anggota Dewan Penggarah Badan Pemenang Nasional (BPN) Prabowo-Sandi itu belakang ini menuding tim kampanye Jokowi-Ma'ruf membagi-bagikan uang ke masyarakat di sejumlah daerah.

"Semakin memudar kualitas personal dia di hari tuanya dengan bicara hal-hal yang tidak benar. Bukan bicara hal-hal yang menunjukkan kelas negarawan sebagai warga negara senior," kata Arsul kepada CNNIndonesia.com, Rabu (13/3).


Sekretaris Jenderal PPP itu meminta Amien tak terus mengumbar fitnah. Menurut Arsul, bila Amien menemukan bukti bagi-bagi uang yang dilakukan Timses Jokowi, silakan laporkan kepada Bawaslu atau Sentral Gakumdu.


"Jangan hanya diumbar di media apalagi kalau itu belum ditabayunkan kebenarannya. Baru cerita atau 'katanya-katanya' yang sampai kepada Amien Rais," ujarnya.

Juru bicara TKN Arya Sinulingga meminta Amien Rais tidak asal bicara dan menuding Jokowi sebagai sumber segala nestapa di Indonesia. Arya menyarankan agar Amien memberi kritik untuk kemajuan bangsa.

"Pak Amien Rais itu sering sekali berbicara tanpa data, dengan suka-suka. Padahal Pak Amien ini termasuk tokoh yang kita hargai," ujarnya saat dihubungi, Rabu (13/3).

Kubu Jokowi Sebut Amien Rais Tua Makin Tak BerkualitasJuru Bicara Tim Kampanye Nasional Jokowi-Maruf Amin, Arya Sinulingga. (CNN Indonesia/Ramadhan Rizki)
Arya mengatakan pihaknya tidak melarang Amien mengkritik Jokowi selaku calon presiden petahana di Pilpres 2019. Akan tetapi, ia meminta kritikan disampaikan dengan lebih berwibawa tidak seperti aktivis jalanan masa reformasi.

"Kalau ada kritikan sama Pak Jokowi, silakan tidak ada masalah sama sekali. Tetapi kritikan bapak bangsa juga, bukan kritikan seperti aktivis-aktivis jalanan yang kadang-kadang tidak jelas juga," kata Arya.

"Lucu kalau Pak Amien Rais masih seperti dulu sampai hari ini," ujar Arya menambahkan.

Amien merupakan tokoh politik senior yang masih aktif di kancah nasional. Ia mengawali langkah politiknya dengan mendirikan Partai Amanat Nasional (PAN) di awal era reformasi. Kemudian Amien menduduki jabatan Ketua MPR.

Selepas itu, Amien juga sempat mencalonkan diri sebagai calon presiden pada pemilihan presiden (Pilpres) 2004, namun gagal. Amien juga pernah menjadi Ketua Umum PAN. Kini, Amien berdiri sebagai penyokong pasangan Prabowo-Sandi.


Amien Rais kerap melontarkan pernyataan yang kontroversial dan cenderung menyerang Jokowi. Belakangan ini, dia kembali menyebut Jokowi sebagai sumber nestapa di Indonesia.

Amien juga sempat melontarkan pernyataan bahwa Jokowi akan dilengserkan oleh Allah. Selain itu, Amien Rais pun pernah menyebut Jokowi melakukan pengibulan dalam program bagi-bagi sertifikat tanah.

[Gambas:Video CNN] (jps/pmg)