Target PDIP di Lampung, Jokowi Raih 60 Persen di 3 Kabupaten

CNN Indonesia | Sabtu, 02/03/2019 00:56 WIB
Target PDIP di Lampung, Jokowi Raih 60 Persen di 3 Kabupaten PDIP menargetkan kemenangan 60 persen bagi Jokowi di tiga kabupaten di Lampung. CNN Indonesia/ Harvey Darian
Lampung, CNN Indonesia -- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menargetkan pasangan calon nomor 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin mampu mengumpulkan minimal 60 persen suara di tiga kabupaten di Lampung pada Pilpres 2019.

Bupati sekaligus Ketua DPC PDIP Tulang Bawang Winarti mengatakan target itu realistis mengingat Lampung merupakan salah basis suara kemenangan Jokowi di Pilpres 2019.

"Kami sepakat tiga kabupaten untuk Jokowi dan Ma'ruf Amin 60 persen. Itu minimal," ujar Winarti dalam rapat konsolidasi pemenangan pileg dan pilpres di Kantor DPC PDIP Tulang Bawang, Lampung, Jumat (1/3).

Winarti menuturkan tiga kabupaten dengan target 60 persen suara, yakni Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, dan Mesuji.


Winarti merinci Tulang Bawang memiliki 15 kecamatan dengan total TPS sebanyak 1.216; Tulang Bawang Barat 9 kecamatan dengan 797 TPS; dan Mesuji sebanyak 7 kecamatan dengan 602 TPS.


Lebih lanjut, Winarti enggan menaruh target kemenangan besar bagi Jokowi-Ma'ruf. Hal itu dilakukan agar pemenangan bisa lebih fokus.

"Jangan sampai kita menargetkan tinggi tetapi tidak sampai. Lebih baik targetnya menang tapi fokusnya tercapai," ujarnya.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menilai target 60 persen masih kurang. Akan tetapi, ia berkata target bisa berbeda dengan hasil.

"Sebenarnya 60 persen ini masih kurang. Tapi ini proses, lebih baik tadi Bu Winarti menargetkan 60 persen tapi hasilnya adalah 70 persen dari Tulang Bawang," ujar Hasto.


Hasto mengatakan Jokowi layak terpilih kembali sebagai presiden karena kepemimpinannya berpihak kepada rakyat, terutama rakyat Lampung. Keberpihakan Jokowi di Lampung, kata dia, dibuktikan lewat pembangunan sejumlah infrastruktur seperti tol, perbaikan sistem kereta api, hingga embung dan bendungan.

"Untuk itu seluruh kader partai wajib menjalankan perintah Ketua Umum Ibu Megawati Soekarnoputri. Seluruh kader partai tanpa terkecuali harus bergerak tanpa pernah mengenal lelah," ujarnya.
Target PDIP di Lampung, Jokowi Raih 60 Persen di 3 KabupatenSekjen PDIP Hasto Kristiyanto tiba di Kantor DPC PDIP Tulang Bawang, Lampung. (CNN Indonesia/Joko Panji Sasongko)

Deklarasi Tokoh Lintas Agama

Sejumlah tokoh lintas agama di Kabupaten Tulang Bawang mendeklarasikan dukungan bagi paslon 01 Jokowi-Ma'ruf. Dukungan dideklarasikan usai Hasto dan rombongan Safari Kebangsaan PDIP berdialog dengan tokoh lintas agama di Banjar Wiradharma, Manggala Timur.

"Kami nyatakan siap mendukung, memenangkan, memilih Insinyur Joko Widodo dan Kiai Haji Ma'ruf Amin," ujar Ketua Majelis Ulama Indonesia Tulang Bawang Yantori mewakili tokoh lintas agama Tulang Bawang.

Yantori juga tak segan memprediksi Jokowi-Ma'ruf menang dengan perolehan suara 80 persen di kawasan Lampung. Sebab, ia menilai Jokowi telah membuat perubahan bagi Lampung.

Mewakili TKN, Hasto mengucapkan terima kasih atas deklarasi dukungan itu. Ia meyakini dukungan itu sebagai bukti Jokowi orang baik. Segala hoaks dan fitnah yang ditujukan kepada Jokowi-Ma'ruf, kata dia, juga terbantahkan lewat deklarasi tersebut.

"Kami percaya kekuatan kebenaran yang mampu mengalahkan berbagai kekuatan jahat yang menghalalkan segala cara untuk kekuasaan," ujar Hasto.

[Gambas:Video CNN] (jps/pmg)