PDIP Sebut Sentilan Lahan Prabowo Bikin Amien Rais Mati Kutu

CNN Indonesia | Rabu, 20/02/2019 15:42 WIB
PDIP Sebut Sentilan Lahan Prabowo Bikin Amien Rais Mati Kutu Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyebut sentilan Jokowi soal lahan Prabowo membuat Amien Rais mati kutu. (CNN Indonesia/Ramadhan Rizki Saputra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, menyatakan pernyataan calon presiden Joko Widodo dalam debat capres kedua tentang penguasaan lahan membuat capres Prabowo Subianto dan politikus PAN Amien Rais mati kutu.

"Sosok seperti Prabowo dengan tanahnya yang begitu luas dan demikian halnya dengan Amien Rais dengan lahan-lahannya di Yogyakarta langsung mati kutu," ujar Hasto dalam keterangan tertulis, Rabu (20/2).

Hasto pun tak heran jika jawaban Jokowi soal lahan Prabowo membuat heboh. Ia berkata hal itu terjadi karena Prabowo dan Amien, yang juga menjabat Dewan Pengarah Badan Pemenangan nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, kerap berkoar soal penguasaan tanah oleh segelintir elite.


"Dan jargon kampanye 'tanah dikuasai elite' pun menjadi tidak laku, dipatahkan oleh politik pertanahan kerakyatan Jokowi," ia menambahkan.

Menurut Hasto, jawaban Jokowi itu juga sekaligus membantah tudingan Prabowo dan Amien Rais soal tanah yang dikuasai oleh elite itu.

"Jawaban Jokowi tersebut telah memutarbalikkan logika 'tanah dikuasai elite' yang selama ini menjadi jargon kampanye Prabowo hingga Amien Rais," tutur dia.

Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin itu juga menuturkan politik pertanahan untuk rakyat hanya terjadi di bawah pemimpin yang menempatkan rakyat di atas segalanya.

Pemimpin yang memahami hakekat tanah untuk rakyat, kata dia, tidak akan mengambil kebijakan bagi-bagi lahan atau memberi izin besar-besaran atas penguasaan lahan kepada elite sebagaimana yang terjadi di pemerintahan sebelumnya.

"Selamat tinggal jargon Prabowo. Sebab ternyata dia menjadi bagian dari segelintir elite yang menguasai lahan yang begitu luas tersebut," ujarnya.

Di sisi lain, Hasto mengklaim cawapres Ma'ruf Amin akan semakin memperkuat kebijakan politik pertanahan yang telah digagas Jokowi. Sebab, ia menilai Ma'ruf mampu menjadi pengayom dalam penyelesaian berbagai konflik pertanahan.

"Sertifikasi lahan rakyat akan menjadi kebijakan yang semakin masif. Lindungi tanah rakyat melalui sertifikasi maka potensi pertumbuhan perekonomian ekonomi karena valuasi kekayaaannya yang paling berharga pun dilakukan oleh negara. Sertifikasi lahan rakyat adalah bukti negara hadir di era pemerintahan Jokowi," ujar Hasto.

[Gambas:Video CNN] (jps/arh)