KPK Apresiasi Polisi Tetapkan Sekda Papua sebagai Tersangka

CNN Indonesia | Selasa, 19/02/2019 01:58 WIB
KPK Apresiasi Polisi Tetapkan Sekda Papua sebagai Tersangka Jubir KPK Febri Diansyah. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menanggapi penetapan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi Papua Hery Dosinaen sebagai tersangka kasus dugaan penganiayaan dua pegawai KPK. Atas penetapan itu, KPK menyatakan terima kasih dan apresiasi kepada Polda Metro Jaya.

"Tentu saja KPK berterima kasih dan apresiasi apa yang sudah dikerjakan tersebut," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (18/2).

Ia pun berharap kasus ini bisa menjadi pelajaran bagi seluruh pihak untuk tidak berusaha menghalangi penegak hukum dalam menjalankan tugasnya.


"Agar misalnya anggota kepolisian, kejaksaan, atau KPK melaksanakan tugasnya, itu kemudian tidak dihalang-halangi atau mendapatkan perlakuan-perlakuan yang tidak semestinya. Karena ada risiko pidana terhadap hal tersebut," ucapnya.

Selain itu, kata Febri, KPK akan terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk mendukung penanganan perkara tersebut.

Sebab katanya, penetapan tersangka ini bisa dilakukan karena pihak kepolisian terus berkoordinasi dengan KPK. Menurut Febri, kepolisian sudah melakukan banyak upaya seperti pemeriksaan saksi, korban, visum korban, hingga kegiatan lainnya.

"Kami mengajak semua pihak untuk melihat ini sebagai sebuah proses hukum," kata dia.

Sebelumnya, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Metro Jaya Komisaris Besar Argo Yuwono mengatakan pihaknya sudah meningkatkan status Hery menjadi tersangka kasus dugaan penganiayaan pegawai KPK.

"Untuk status Sekda Papua atas nama Pak Hery status saksi sudah kita naikkan tersangka dan saat ini masih dalam pemeriksaan," kata Argo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta pada Senin (18/2). (ani/osc)