Survei Y-Publica: Warga Jakarta Puas dengan Kinerja Jokowi-JK

CNN Indonesia | Selasa, 19/02/2019 04:45 WIB
Survei Y-Publica: Warga Jakarta Puas dengan Kinerja Jokowi-JK Presiden Joko Widodo. (Biro Pers Setpres/Kris)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lembaga survei Y-Publica menyatakan mayoritas warga Jakarta puas dengan kinerja pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, terutama di bidang infrastruktur. Namun, angka kepuasan warga Jakarta berbeda dengan kepuasan secara nasional.

"Hasil survei di Jakarta menunjukkan kepuasan terhadap kinerja pemerintah berkisar di angka 57 hingga 63 persen," ujar Direktur Eksekutif Y-Publica Rudi Hartono dalam konferensi pers di kawasan Cikini, Jakarta, Senin (17/2).

Survei dilakukan Y-Publica pada 800 responden di Jakarta yang dipilih secara acak bertingkat. Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka pada responden terpilih menggunakan kuesioner pada 21-30 Januari 2019.
Sedangkan survei Y-Publica secara nasional pada Januari 2019 menunjukkan sebanyak 77,6 persen masyarakat puas dengan kinerja pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla di bidang infrastruktur. Sementara 22,4 persen sisanya menyatakan tidak puas.


Ketika itu, Y-Publica melakukan survei pada 26 Desember 2018-8 Januari 2019. Survei dilakukan pada 1.200 responden. Survei dilakukan dengan metode multistage random sampling. Margin of error +- 2,98 persen dengan tingkat kepercayaan 95%.

Rudi mengatakan berdasarkan survei di wilayah Jakarta, kepuasan tertinggi umumnya berada di bidang hubungan luar negeri dan pendidikan. Namun dari hasil survei secara nasional maupun Jakarta, sama-sama menunjukkan rendahnya kepuasan masyarakat terhadap pemerintah di bidang penciptaan lapangan kerja dan kebutuhan dasar.

"Paralel dengan pola di tingkat nasional, isu lapangan kerja dan kebutuhan dasar masih di urutan terbawah tingkat kepuasan. Tapi angkanya lebih tinggi di tingkat nasional, semua di kisaran 50 persen," katanya.

Di wilayah Jakarta Timur, kepuasan tertinggi di bidang hubungan luar negeri mencapai 75,4 persen disusul pendidikan 74,9 persen, dan infrastruktur 72,6 persen.

Sementara di wilayah Jakarta Selatan, Pusat, Barat, dan Utara kepuasan di bidang pendidikan berada di kisaran 75 hingga 76 persen. Sedangkan pembangunan infrastruktur sekitar 70 sampai 75 persen.

"Kepuasan terhadap pembangunan infrastruktur cenderung di urutan atas karena memang pembangunannya selama ini banyak terkonsentrasi di ibu kota," katanya.

Selain itu kepuasan di bidang pendidikan dan kesehatan bagi masyarakat juga cenderung tinggi lantaran sebagai ibu kota, Jakarta memiliki fasilitas pendidikan dan kesehatan yang lebih baik.

Angka kepuasaan pemerintah Jokowi yang berkisar 5-60 persen berbeda dengan hasil survei pada tahun 2017, Centre for Strategic and International Studies (CSIS) menunjukkan tingkat kepuasan masyarakat atas kinerja Jokowi-JK mencapai 68,3 persen, Naik dari 66,5 persen pada 2016.

[Gambas:Video CNN] (psp/ugo)