Kirim Kuasa Hukum, Slamet Maarif Tak Penuhi Panggilan Polisi

CNN Indonesia | Senin, 18/02/2019 12:12 WIB
Kirim Kuasa Hukum, Slamet Maarif Tak Penuhi Panggilan Polisi Tim Kuasa Hukum Slamet Maarif tiba di Polda Jateng, Senin (18/2). (CNN Indonesia/Damar)
Semarang, CNN Indonesia -- Ketua Umum Persaudaraan Alumni 212 (PA 212), Slamet Maarif tak hadir memenuhi jadwal pemeriksaan di Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Polda Jateng), Senin (18/2). Slamet sedianya akan diperiksa sebagai tersangka dugaan pelanggaran kampanye.

Hingga pukul 11.00 WIB, yang terlihat datang ke Polda Jateng adalah tim kuasa hukum yang dipimpin oleh Achmad Midan dari Tim Pembela Muslim (TPM). Setiba di Polda Jawa Tengah, tim kuasa hukum Slamet Maarif langsung masuk ke ruang pemeriksaan Sub Direktorat I Reserse Kriminal Umum.

"Ini kami akan menemui tim penyidik dulu sesuai jadwal panggilan", kata Achmad Midan singkat.



Disinggung soal keberadaan Slamet Maarif, Midan tak banyak menjelaskan. "Nanti ya, kami tak masuk dulu," ujarnya.

Sementara itu, ratusan anggota massa di luar halaman Polda Jawa Tengah menggelar aksi demo mengawal proses pemeriksaan yang dijalani oleh Slamet Maarif. Koordinator massa, Kyai Ahmad Rofii, menyatakan bila aksi demo massa umat Islam tersebut hanyalah bentuk dukungan moral, bukan intervensi kepada aparat penegak hukum.

"Kami hanya berikan dukungan moral, bukan intervensi. Supaya proses hukum berjalan benar," kata Rofii.


Ketua PA 212 Slamet Maarif oleh Polres Surakarta, Jawa Tengah, ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan pelanggaran pidana pemilu pada Rabu (13/2).

Slamet dianggap curi start kampanye saat orasi dalam acara Tabligh Akbar PA 212 Solo Raya, di Jalan Slamet Riyadi, depan kantor BCA KCU Solo-Slamet Riyadi, Gladak, Pasar Kliwon, Surakarta, pada Minggu (13/1). Ia mengajak peserta untuk memilih pasangan calon Prabowo-Sandi.

Slamet dilaporkan karena diduga melanggar pasal 280 Undang-Undang Pemilu karena melakukan kampanye di luar jadwal yang ditetapkan KPU, KPU Provinsi danKPU Kabupaten/Kota.



(dmr/ain)