FOTO: Tarung Jokowi vs Prabowo di Debat Capres Kedua

CNN Indonesia, REUTERS, ANTARA FOTO, CNN Indonesia | Senin, 18/02/2019 09:56 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Tanpa didampingi cawapres, Joko Widodo dan Prabowo Subianto saling beradu argumen di debat capres kedua di Pilpres 2019.

Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto tiba untuk mengikuti debat capres 2019 putaran kedua di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/). Pada debat kemarin malam, Prabowo tak didampingi Sandiaga Uno karena debat kedua hanya mempertemukan kedua capres. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Capres nomor urut 01 Joko Widodo tiba untuk mengikuti debat capres. Sama seperti debat pertama, Jokowi juga mengenakan kemeja putih. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Kedua kubu membawa pendukungnya masing-masing untuk memenuhi ruangan debat di Hotel Sultan. Moderator debat sempat beberapa kali menegur para pendukung untuk tidak mengganggu jalannya debat. (REUTERS/Willy Kurniawan)
Joko Widodo ketika melangkah ke area panggung debat capres. Dalam pemaparan visi-misi, Jokowi menyatakan jika terpilih pemerintahannya akan berupaya mengurangi pemakaian energi fossil dan meningkatkan penggunaan B20. (REUTERS/Willy Kurniawan)
Prabowo Subianto di area panggung debat di Hotel Sultan. Prabowo menitikberatkan pada swasembada energi, air, dan pangan dalam visi-misinya. Ia juga beberapa kali mengkritik kebijakan impor di era pemerintahan Jokowi. (REUTERS/Willy Kurniawan)
Dua calon presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto usai mengambil undian pertanyaan dari tim panelis. Kedua capres berdebat dengan topik energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam dan lingkungan hidup. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Salah satu poin menarik dalam debat ini yang kemudian menarik perbincangan massa adalah ketika Prabowo menanyakan ulang makna Unicorn kepada Jokowi. Jokowi juga disebut berbohong soal tidak terjadi kebakaran hutan dalam era pemerintahannya. (REUTERS/Willy Kurniawan)
Jokowi juga sempat melancarkan kritikan pada Prabowo mengenai kepemilikan lahan. Jokowi menyoroti Prabowo yang memiliki ratusan ribu hektare lahan di Kalimantan. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Dalam pernyataan penutupnya, Prabowo coba mengklarifikasi soal kepemilikan lahan. Prabowo mengatakan hal itu tanahnya merupakan HGU dan dia siap mengembalikan tanahnya pada negara jika diminta. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Pendukung Joko Widodo meneriakkan yel-yel sebelum menonton debat capres 2019 di Hotel Sultan. Saat berlangsung debat, sempat terjadi insiden ledakan di Parkir Timur Senayan di dekat tempat nonton bareng pendukung Jokowi. Polisi menyebut ledakan berasal dari petasan. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Dalam pernyataan penutup, Prabowo Subianto menyatakan bahwa pemerintah harus menjaga agar kekayaan alam tidak lari ke luar negeri, sesuai dengan pasal 33 UUD 1945. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Sementara Jokowi dalam pernyataan penutup menegaskan bahwa dalam pemerintahannya ia telah membubarkan Petral, mengambil alih Freeport serta Blok Minyak Rokan dan Mahakam. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Dua calon presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto saling bersalaman saat Debat Capres. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Dua calon presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto berfoto bersama usai Debat Capres Kedua di Hotel Sultan. Debat ketiga sendiri akan digelar pada 17 Maret dan mempertemukan cawapres Maruf Amin dan Sandiaga Uno. (CNN Indonesia/Hesti Rika)