Prabowo Sebut Visi Perbaikan Lahan Tambang Tak Perlu Didebat

CNN Indonesia | Senin, 18/02/2019 05:05 WIB
Prabowo Sebut Visi Perbaikan Lahan Tambang Tak Perlu Didebat Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto mengaku memiliki visi yang sama dengan Joko Widodo, terkait perbaikan lahan bekas lubang tambang yang kini masih menjadi masalah di Indonesia.

Dia bahkan tak ingin terlalu banyak berkomentar saat ditanya terkait lubang tambang ini di segmen ke empat debat Pilpres 2019 ke dua di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2) malam.

"Saya kira cukup ya masalah ini untuk apa bertele-tele lagi. Saya kira dalam hal ini kita sama, ingin memberantas pencemaran lingkungan. Kan begitu, Pak?," kata Prabowo menanggapi permintaan Moderator untuk menanggapi pernyataan Jokowi perihal perbaikan lingkungan hidup ini.



Dia pun bingung kenapa selalu dibentur-benturkan ketika keduanya memiliki visi yang sama dalam hal memperbaiki Indonesia.

"Kalau tidak ada banyak perbedaan untuk apa kita ribut lagi, Pak, kalau berbeda jangan diadu-adu terus. Bener gak," kata Prabowo lagi.

Pernyataan itu pun dibalas Jokowi dengan senyum. Untuk menanggapi Prabowo yang berbicara cukup berapi-api lantaran sudah setuju namun tetap harus memberikan tanggapan atas pernyataan Jokowi itu.

"Iyalah saya setuju saja," kata Jokowi sambil tersenyum.


Sebelum menyetujui perihal perbaikan lingkungan hidup bekas lubang tambang ini, Prabowo semula memang sempat memberikan pernyataan persoalan ini memang telah terjadi sekian lama. Dia bahkan menyebut bahwa negara Indonesia memang telah dikorporasi oleh perusahaan swasta.

"Ini karena dikooptasi oleh perusahaan swasta. Bisa dianggap masalah kolusi kerjasama antara pejabat pemerintah," katanya. (tst/ayp)