Fadli Zon Pertanyakan Keberhasilan Pemerintah Era Jokowi

CNN Indonesia | Selasa, 12/02/2019 21:27 WIB
Fadli Zon Pertanyakan Keberhasilan Pemerintah Era Jokowi Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia -- Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Fadli Zon mengaku bingung terkait keberhasilan pembangunan di era pemerintahan Joko Widodo selama menjabat presiden.

Fadli bahkan mempertanyakan keberhasilan dalam pembangunan infrastruktur yang selalau dibanggakan pemerintah.

"Yang dibanggakan infrastruktur, coba cek infrastruktur yang dibanggakan itu apa?" kata Fadli di Seknas Prabowo-Sandi, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (12/2).


Fadli mengambil salah satu contoh proyek infrastruktur yang kerap kali dibanggakan Jokowi adalah pembangunan jalan tol.

Jalan tol menurut Fadli tak beda jauh dengan Mal. Sebab keduanya sama-sama tak bisa diakses publik seenaknya alias tidak gratis. Baik tol maupun mal merupakan sektor privat dan bukan sektor pelayanan publik.

"Itu enggak ada bedanya dengan Mal. Karena jalan tol itu berbayar. Itu adalah berbisnis dengan rakyat, bukan pelayanan," kata Wakil Ketua DPR sekaligus Wakil Ketua Umum Gerindra ini.

Fadli menilai harusnya pemerintah bisa membangunan proyek infrastruktur yang bisa dinikmati oleh semua kalangan dengan gratis. Bukan proyek yang hanya dinikmati oleh segelintir orang.

"Kecuali jalan (tol) gratis, (membangun) jalan nasional, jalan provinsi, jalan kabupaten, jalan desa, itu baru (bisa dibilang berhasil)," kata dia.

Tak hanya itu, Fadli juga mengkritik sejumlah proyek infrastruktur yang kerap dibangga-banggakan oleh pemerintah tetapi hingga saat ini justru mangkrak. Salah satunya, proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung.

"Sampai sekarang tidak jelas yang namanya kereta api cepat itu. Dulu dibangga-banggakan, sekarang coba tanya kereta api cepat sudah sampai mana?" kata dia. (tst/osc)