Sponsored by

Jokowi Minta Semua Kadis Kesehatan Tekan Angka 'Stunting'

CNN Indonesia | Selasa, 12/02/2019 16:13 WIB
Jokowi Minta Semua Kadis Kesehatan Tekan Angka 'Stunting' Presiden Jokowi menginstruksikan seluruh kepala dinas kesehatan provinsi dan kabupaten/kota untuk menekan angka stunting. (CNN Indonesia/Yuliyanna Fauzi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo menginstruksikan para kepala dinas kesehatan baik di tingkat provinsi dan kabupaten/kota untuk menekan angka stunting atau tumbuh tidak sempurna. Jokowi meminta agar angka stunting terus menurun setiap tahunnya.

Jokowi menyebut pada 2014 lalu angka stunting sebesar 37 persen. Menurut Jokowi, atas kerja keras semua pihak angka stunting pada tahun lalu bisa turun sampai pada angka 30 persen.

"Ini harus turun lagi menjadi 20 persen, turun lagi menjadi 10 persen, dan hilang," kata Jokowi dalam sambutan pembukaan Rapat Kerja Nasional Kesehatan Nasional Tahun 2019 di Nusantara Hall ICE BSD, Tangerang, Banten, Selasa (12/2).


Jokowi mengatakan Indonesia tak akan bisa bersaing dengan negara lain bila angka stunting masih tinggi. Mantan gubernur DKI Jakarta itu pun kembali mengingatkan kepada para kepala dinas di tingkat provinsi, kabupaten serta kota memberikan perhatian penurunan angka stunting.

"Oleh sebab itu saya minta kepada kepala dinas provinsi, kabupaten/kota, konsentrasi di sini. Bahwa di kabupaten/kota, provinsi masih ada yang namanya stunting, kejar ini. Selesaikan ini," ujarnya.

Selain stunting, Jokowi juga mengapresiasi penurunan angka kematian ibu melahirkan. Ia mengatakan bahwa masalah mendasar dari bidang kesehatan itu mesti mendapat perhatian serius dari jajaran Kementerian Kesehatan, baik di pusat maupun daerah.

Menurut Jokowi, masalah kesehatan ini sangat berpengaruh pada peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang akan menjadi fokus pembangunan pemerintah beberapa tahun ke depan.

"Jangan sampai negara lain sudah berbicara artifisial inteligensi, sudah berbicara virtual reality, internet of things, sudah berbicara big data, sudah berbicara bit coin, kita masih urusan stunting saja belum selesai, urusan kematian ibu belum rampung," katanya.

"Bagaimana negara ini mau bersaing, bagaimana negara ini mau berkompetisi? Basic-basic seperti ini lah yang harus kita selesaikan terlebih dahulu," ujar Jokowi menambahkan.

Jokowi Minta Semua Kadis Kesehatan Tekan Angka 'Stunting'Foto: CNN Indonesia/Fajrian
(fra/arh)