FOTO: Usaha Pemadam Kebakaran Bersihkan Istiqlal dan Katedral

Adhi Wicaksono, CNN Indonesia | Selasa, 12/02/2019 22:14 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Dalam rangka menyambut HUT ke-100 Pemadam Kebakaran, para petugas branwir membersihkan Masjid Istiqlal dan Katedral, Jakarta Pusat.

Petugas pemadam kebakaran membersihkan selasar Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, dalam rangka menyambut HUT ke-100 Damkar, Selasa (12/2). Selain Masjid Istiqlal, para petugas pun membersihkan Katedral yang berada di seberangnya. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Di Masjid Istiqlal, selain selasar para petugas pemadam kebakaran pun membersihkan areal kubah juga halaman Gereja Katedral. itu merupakan bagian dari kegiatan Grebek Bersih dalam rangka menyambut HUT ke-100 Damkar. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Hari Ulang Tahun Pemadam Kebakaran bakal diperingati pada 1 Maret mendatang. Terhitung sudah genap satu abad alias 100 tahun pasukan pemadam itu hadir di bumi nusantara. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Pemadam kebakaran kerap dikenal dengan istilah 'branwir' yang sebetulnya berasal dari bahasa Belanda: Brandweer. Pasukan pemadam memang bermula pada masa penjajahan Belanda setelah kebakaran besar di Kwitang, Jakarta Pusat pada 1873 silam. Walhasil pada 1915 pun Brandweer resmi terbentuk. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Dalam tugasnya, memadamkan kebakaran sebetulnya bukan tugas satu-satunya bagi para petugas PMK. Mereka pun dilibatkan dalam upaya penyelamatan, dan penanggulangan bencana lainnya. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Saat melaksanakan tugas memadamkan kebakaran, para PMK dilengkapi pakaian antipanas atau anti-api. Selain itu, busananya dilengkapi dengan reflektor berwarna putih yang mengkilat. Namun, saat membersihkan masjid dan katedral ini mereka hanya menggunakan pakaian dinas harian. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Seorang petugas menyemprot air dengan media selang untuk membersihkan halaman Katedral dalam rangka HUT ke-100 Damkar, Jakarta Pusat, Selasa (12/2). (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Petugas membersihkan halaman Gereja Katedral dalam rangka menyambut HUT ke-100 Damkar. Pada 1917 pemerintah Hindia Belanda kemudian mengeluarkan staadsblad 1917 No. 602 yang memisahkan pemadam kebakaran sipil dan militer. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Petugas mempersiapkan armada PMK yang digunakan untuk menyemprot air membersihkan halaman Katedral, Jakarta Pusat, dalam kegiatan Grebek Bersih menyambut HUT ke-100 Damkar. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
HUT Damkar diperingati saban 1 Maret beradasarkan pemberian prasati yang mengatasnamakan kelompok orang Betawi pada 1 Maret 1929. Prasasti itu ucapan terima kasih dari masyarakat Betawi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Petugas PMK menyemprotkan air di halaman Gereja Katedral dalam kegiatan Grebek Bersih yang digelar untuk menyambut HUT ke-100 Damkar. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)