Di Alun-alun Cianjur, Jokowi Beli Lukisan Senilai Rp10 Juta

CNN Indonesia | Sabtu, 09/02/2019 03:31 WIB
Di Alun-alun Cianjur, Jokowi Beli Lukisan Senilai Rp10 Juta Presiden Jokowi di Cianjur, Jumat (8/2). (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) diketahui membeli sebuah lukisan seharga Rp10 juta saat berkeliling melihat Alun-alun Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Jumat (8/2). Lukisan yang Jokowi beli hasil karya Jaja, seniman asal Cianjur.

Awalnya, Jokowi yang mengenakan pakaian adat pangsi berwarna hitam dengan ikat kepala bermotif batik itu berkeliling melihat hasil pembangunan Alun-alun Cianjur.

Ia berjalan ditemani Bupati Cianjur Herman Suherman, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, serta Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki.



[Gambas:Video CNN]

Usai melewati lorong Asmaul Husna, Jokowi dan rombongan berjalan ke arah seniman yang memamerkan hasil lukisan. Jokowi melangkah perlahan sembari melihat-lihat lukisan yang telah jadi. Ada sebuah lukisan bergambar wajah Jokowi dengan mengenakan peci hitam dan pakaian koko putih.

Namun, Jokowi justru tertarik pada lukisan hasil karya Jaja, seniman asal Cianjur. Jaja menyatakan Jokowi langsung menghampirinya dan langsung membeli lukisannya dengan harga Rp10 juta

"Rp10 juta. Beliau apresiasi karya saya katanya bagus dan suka," ujarnya.


Jaja menjelaskan lukisan yang dibeli Jokowi itu menggambarkan seorang kakek-kakek yang sedang santai. Menurut Jaja, Jokowi tak menawar lukisannya tersebut. Jaja menyebut Jokowi langsung meminta ajudannya membawa lukisan tersebut.

"Engga (pakai ditawar), apresiasi. Beliau tau karya seni yang bagus," kata Jaja.

Jokowi sempat melihat anak-anak bermain mainan tradisional khas Cianjur. Mantan wali kota Solo itu bahkan sempat mencoba sekali bermain gasing. Jokowi mengambil gasing yang terbuat dari kayu dan langsung melemparnya ke tanah.

Setelah melihat berbagai ragam permainan tradisional, Jokowi bersama Herman, Ridwan Kamil, Pratikno, serta Teten menonton pertunjukan tari dan musik di tengah Alun-alun Cianjur.

(fra/ain)