Pakai Baju Pangsi, Jokowi Keliling Alun-alun Cianjur

CNN Indonesia | Jumat, 08/02/2019 16:32 WIB
Pakai Baju Pangsi, Jokowi Keliling Alun-alun Cianjur Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Alun-alun Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo meresmikan Alun-alun Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Jumat (8/2). Jokowi mengenakan pakaian adat Sunda berupa pangsi berwarna hitam dengan ikat kepala bermotif batik saat berkeliling alun-alun.

Jokowi mengaku sudah lama diminta untuk meresmikan alun-alun yang telah selesai dibangun.

"Saya sudah lama dikejar-kejar oleh Pak Bupati resmikan alun-alun. Saya tanya alun-alunnya kayak apa sih? Ini pak gambarnya, saya buka, wah ini bagus dan cantik betul. Itu digambar. Itu digambar," kata Jokowi di Alun-alun Cianjur.


Jokowi menyatakan ingin melihat langsung hasil pembangunan Alun-alun Cianjur tersebut.
Menurut Jokowi, meskipun belum melihat secara keseluruhan pembangunan, dia mengapresiasi alun-alun yang dekat dengan Masjid Agung Cianjur.

"Saya ke sini ingin membuktikan, melihat sendiri alun-alun Kabupaten Cianjur seperti apa, meskipun belum lihat semuanya tapi saya tadi lirak-lirik memang bagus," ujarnya.

Jokowi berharap pembangunan Alun-alun Kabupaten Cianjur ini bisa menjadi inspirasi bagi seluruh kabupaten/kota seluruh Indonesia. Mantan Wali Kota Solo itu berharap alun-alun bisa menjadi ruang publik, sosial, serta budaya bagi masyarakat di wilayah tersebut.

"Ini adalah ruang publik, alun-alun adalah ruang publik, ini adalah ruang sosial, ini adalah ruang budaya, ini adalah ruang demokrasi juga. Dari dulu alun-alun memang fungsinya seperti itu," kata dia.

Jokowi yang berpakaian santai itu langsung berjalan berkeliling melihat Alun-alun Cianjur. Ia berjalan ditemani Bupati Cianjur Herman Suherman, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, serta Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki.
Jokowi bersama-sama Herman, Ridwan Kamil, Pratikno, dan Teten pertama-tama berjalan menyusuri lorong Asmaul Husnah. Kemudian Jokowi menuju ke arah anak-anak yang sedang bermain gangsing dan permainan tradisional khas Cianjur.

Terakhir Jokowi dan rombongan menonton pertunjukan musik dan tarian khas Cianjur di tengah alun-alun.
[Gambas:Video CNN] (fra/ugo)