KPU Jaga Video Debat Pilpres dengan Pakta Integritas

CNN Indonesia | Kamis, 07/02/2019 20:26 WIB
KPU Jaga Video Debat Pilpres dengan Pakta Integritas Dua paslon Pilpres 2019, Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, dalam debat perdana Pilpres 2019. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan menyebut pihaknya menjaga video materi debat capres kedua Pilpres 2019 agar tidak bocor ke pihak kandidat dengan meminta pembuat untuk menandatangani pakta integritas.

Wahyu mengatakan materi video debat akan dirumuskan panelis dan akan diproduksi oleh rumah produksi profesional.

"[Dikerjakan oleh tenaga] profesional, kami jaga [dengan] pakta integritas. Semua pihak tanda tangan pakta integritas untuk tidak membocorkan soal itu pada pihak lain," kata Wahyu saat ditemui di Jakarta, Kamis (7/2).


Pengetatan kerahasiaan itu menyusul keputusan KPU dengan dua tim sukses untuk tidak lagi membocorkan materi debat sebelum gelaran dimulai.

Wahyu menjelaskan nantinya akan ada lima video yang diproduksi. Setiap video mewakili tema debat, yakni energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.

Dalam debat, Ketua KPU Arief Budiman akan memilih secara acak video yang akan dipakai. Kemudian video itu bakal jadi bahan Jokowi dan Prabowo berdebat bebas selama 16 menit di segmen keempat.

"Agar debat yang kedua itu lebih memungkinkan bagi kandidat untuk tampil rileks, tampil original, nyaman, mengeksplorasi gagasan besar terkait visi, misi, dan program," ucapnya.

Pada debat capres kedua Pemilu 2019, kedua capres akan dipertemukan tanpa didampingi cawapres. Mereka akan beradu gagasan terkait tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.

Debat akan digelar di Hotel Sultan, Jakarta, pada 17 Februari 2019. Debat juga akan disiarkan di empat stasiun televisi, RCTI, MNC Tv, GTV, dan iNews.

[Gambas:Video CNN] (dhf/arh)