Pengamanan Imlek, Polda Metro Jaya Terjunkan 5.263 Personel

CNN Indonesia | Senin, 04/02/2019 18:07 WIB
Pengamanan Imlek, Polda Metro Jaya Terjunkan 5.263 Personel Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Argo Yuwono. (CNN Indonesia/Marselinus Gual)
Jakarta, CNN Indonesia -- Polda Metro Jaya menerjunkan ribuan personel untuk mengamankan perayaan Imlek di Jakarta, Selasa (5/2).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan pengamanan tersebut dilakukan untuk memastikan perayaan Imlek pada esok hari bisa berjalan aman dan lancar.

"Berkaitan dengan pengamanan imlek, Polda Metro Jaya dan jajaran menyiapkan 5.263 personel, itu dari Polda sampai tingkat Polsek," kata Argo di Polda Metro Jaya, Senin (4/2).


Argo menuturkan personel gabungan tersebut terdiri dari unsur Polri dan TNI. Selain itu, lanjutnya, juga akan dibantu oleh Satpol PP, Dinas Perhubungan, serta Dinas Pemadam Kebakaran.
Argo menjelaskan pengamanan akan difokuskan di beberapa titik, mulai dari tempat ibadah atau vihara hingga tempat rekreasi. Untuk vihara, kata Argo, ada 332 vihara di Jakarta dan sekitarnya yang akan dilakukan pengamanan.

Selain itu, jalur lalu lintas, terutama yang menuju ke tempat ibadah maupun tempat rekreasi, juga akan menjadi fokus pengamanan.
[Gambas:Video CNN]
Argo menyebut tidak menutup kemungkinan akan dilakukan rekayasa lalu lintas, namun hal itu tergantung pada situasi dan kondisi di lapangan.

"Itu teknis di lapangan seperti apa, nanti lantas yang akan mengatur di lapangan untuk kelancaran lalu lintas," ujarnya.

Argo menambahkan hingga saat ini pihaknya belum menerima indikasi perihal potensi gangguan saat perayaan Imlek. Karenanya, ia berharap agar perayaan Imlek esok hari bisa berjalan dengan aman dan lancar.

"Sampai sekarang belum ada informasi dari intelijen terkait ada yang berbuat tidak baik," ucap Argo.
(dis)