JK Ajak Masyarakat Cegah DBD: Cucu Saya Juga Kena

Priska Sari Pratiwi, CNN Indonesia | Rabu, 30/01/2019 01:23 WIB
JK Ajak Masyarakat Cegah DBD: Cucu Saya Juga Kena Ilustrasi Nyamuk Demam Berdarah. (Foto: REUTERS/Paulo Whitaker)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Presiden Jusuf Kalla mengajak masyarakat mencegah penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) menyusul jumlah kasus DBD yang meningkat di sejumlah daerah beberapa waktu belakangan.

"Tentu pertama pencegahan, karena cucu saya juga kena. Jadi tidak pilih-pilih ini, tidak menjamin cucu wapres tidak kena DBD," ujar JK di kantor wakil presiden Jakarta, Selasa (29/1).


JK Ajak Masyarakat Cegah DBD: Cucu Saya Juga Kena Wakil Presiden Jusuf Kalla. (Foto: CNN Indonesia/Priska Sari Pratiwi)

JK mengatakan, masyarakat harus mulai peduli pada lingkungan di sekitarnya dengan mencegah munculnya genangan air di selokan. Genangan air itu dinilai JK menjadi sumber timbulnya penyakit DBD.


"Tempat-tempat yang rawan itu, yang ada di sampah juga harus dibersihkan," katanya.

JK memastikan pemerintah akan fokus pada fasilitas pengobatan DBD. Menurutnya, sejumlah rumah sakit di daerah telah berupaya maksimal memberikan pelayanan bagi pasien DBD.

Dinas Kesehatan DKI Jakarta sebelumnya mencatat ada 111 kasus DBD per 20 Januari 2019. Namun per 27 Januari, jumlah kasus tercatat DBD mencapai 613 kasus.

Sementara di sejumlah daerah lain terjadi kasus DBD hingga menyebabkan pasien meninggal. Bupati Ponorogo bahkan telah menetapkan Kejadian Luar Biasa atas kasus DBD setelah tiga warganya meninggal. (fea)