Amien Rais Curiga Jokowi Pura-pura Tak Tahu Ada Kontrol Mafia

CNN Indonesia | Selasa, 29/01/2019 16:38 WIB
Amien Rais Curiga Jokowi Pura-pura Tak Tahu Ada Kontrol Mafia Amien Rais sebut Jokowi tidak mampu berantas mafia di Indonesia. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais menyebut Indonesia dikuasai oleh mafia. Dia mengatakan Presiden Joko Widodo pun tidak berdaya menghadapi mafia tersebut.

"Sampai sekarang saudara Jokowi ini tidak mampu. Bahkan mungkin pura-pura tidak tahu barangkali ya," kata Amien dalam diskusi 'Jokowi Raja Impor?' di kantor Seknas Prabowo-Sandi, Jl HOS. Cokroaminotor, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (29/1).

Amien mengatakan ada sejumlah tingkatan mafia. Sepak terjangnya pun berbeda-beda. Mafia golongan pertama, kata Amien, bermain di tingkat kecamatan dan kabupaten. Mereka memiliki pengaruh besar di pasar, pabrik, hotel kecil dan parkiran.


"Jadi daya rusaknya mafia ecek-ecek ini tidak begitu besar dengan kelangsungan bangsa dan negara," tutur Amien.


Mafia golongan kedua berada di lingkup provinsi. Dia menyebutnya mafia kelas menengah. Mereka, kata Amien, memiliki kekuatan untuk memaksa pejabat di level Pemprov dalam menelurkan kebijakan.
Amien Rais Curiga Jokowi Pura-pura Tak Tahu Ada Kontrol MafiaPresiden Jokowi saat membagikan sertifikat tanah. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Golongan ketiga yakni mafia level nasional. Golongan ini disebut Amien sebagai mafia yang sangat berpengaruh. Misalnya, mafia beras, garam, daging, kacang kedelai , dan cabai.

"Nah kemudian para mafia ini membentuk kartel-kartel yang sesungguhnya merekalah yang menentukan jalannya ekonomi nasional kita," kata Amien.


Amien menuding mafia level nasional tersebut tidak akan bisa hidup tanpa bekerja sama dengan penguasa. Misalnya dengan menteri-menteri tertentu. Menurut Amien, hal itu sudah menjadi rahasia umum

"Pasti mafia apa pun ada getahnya dengan menteri ini dengan menteri itu, dengan jenderal ini jenderal itu dengan lain lain. Bukan sesuatu yang baru," lanjut Amien.

Amien juga menyebut ada mafia level internasional. Mereka adalah konglomerat dan korporasi internasional yang memiliki kepentingan dengan berbagai negara.

(bmw/DAL)