Dishub Kerahkan 300 Personel Amankan Konvoi Persija Juara

CNN Indonesia | Jumat, 14/12/2018 21:15 WIB
Dishub Kerahkan 300 Personel Amankan Konvoi Persija Juara Dishub menyiagakan 300 personel untuk mengamankan konvoi Persija. (CNN Indonesia/Harvey Darian)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyiagakan 300 personel untuk membantu mengamankan konvoi Persija Juara Liga 1 2018 besok di sejumlah ruas jalan utama.

"Petugas Dishub yang terlibat ada 300 personel," kata Pelaksana tugas Kepala Dinas Perhubungan Sigit Wijatmoko saat dikonfirmasi, Jumat (14/12).

Dalam keterangan tertulis Dishub DKI yang diterima CNNIndonesia.com, rute konvoi akan dimulai dari Pintu 1 Stasion GBK.


Kemudian berlanjut ke Jalan Asia Afrika, Jalan Senayan, Jalan Jenderal Sudirman - Jalan MH Thamrin - Bundaran Air Mancur (Patung Kuda) - Jalan Medan Merdeka Selatan, dan berakhir di Balai Kota Jakarta.

Tiga ruas jalan ditutup selama konvoi yakni ruas Jaan Gerbang Pemuda sisi selatan, Jalan Asia Afrika sisi timur, serta Jalan Medan Merdeka Selatan.

Sedangkan untuk pengalihan arus lalu lintas sebagai berikut:
a. Arus lalu lintas dari arah Semanggi dilarang ke kiri yang menuju Jalan Gerbang Pemuda dialihkan lurus menuju Jalan Palmerah Timur dan seterusnya.

b. Arus lalu lintas dari arah Slipi yang akan menuju Jalan Gerbang Pemuda melalui Flyover Senayan dialihkan lurus kearah Semanggi dan seterusnya.

c. Arus lalu lintas dari arah Jalan Asia Afrika sisi barat dilarang belok kanan ke Jalan Pintu 1 Senayan dialihkan lurus dan seterusnya.
Dishub Kerahkan 300 Personel Amankan Konvoi Persija JuaraThe Jakmania saat merayakan Persija Juara Liga 1. (CNN Indonesia/Hesti Rika)

d. Arus lalu lintas dari arah Bundaran Senayan yang akan menuju Semanggi dialihkan belok kiri menuju Jalan Pintu 1 Senayan dan seterusnya.

e  Arus lalu lintas dari arah Jalan Ridwan Rais dilarang belok kiri menuju Jalan Medan Merdeka Selatan dialihkan lurus ke Jalan Medan Merdeka Timur dan seterusnya.

f. Arus lalu lintas dari arah Jalan Medan Merdeka Utara dilarang belok kiri menuju Jalan Medan Merdeka Barat dialihkan lurus ke Jalan Abdul Muis dan seterusnya.

g. Arus lalu lintas dari arah Jalan Hayam Wuruk yang menuju Monas dialihkan belok kiri menuju Jalan Juanda dan seterusnya

h. Arus lalu lintas dari arah Jalan Juanda dilarang belok kiri yang menuju Monas, dialihkan lurus ke Jalan Suryopranoto dan seterusnya

i. Arus lalu lintas dari arah Jalan Budi Kemuliaan dilarang lurus menuju Jalan Medan Merdeka Selatan dialihkan belok kiri ke Jalan Medan Merdeka Barat dan seterusnya

Atas hal itu, Sigit mengimbau kepada masyarakat untuk menghindari ruas-ruas jalan yang menjadi jalur konvoi tersebut.

"Dan menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan," kata Sigit. (dis/sur)