Dikawal Polisi, Peserta Syiar Khilafah Menginap di Masjid PRJ

CNN Indonesia | Sabtu, 17/11/2018 01:19 WIB
Dikawal Polisi, Peserta Syiar Khilafah Menginap di Masjid PRJ Peserta syiar khilafah akhirnya dibolehkan menginap di Masjid PRJ Kemayoran. (CNN Indonesia/Setyo Aji)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pihak manajemen Pekan Raya Jakarta (PRJ) memperbolehkan peserta acara bertajuk Syiar dan Silaturahim Kekhilafahan Islam Se-Dunia di Masjid At Taqwa, Pekan Raya Jakarta, Kemayoran, Jakarta Pusat. 

Keputusan ini diambil setelah pihak Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Roma Hutajulu bernegosiasi dengan pihak manajemen PRJ.

"Diperbolehkan menginap karena alasan kemanusiaan karena kalau malam ini mereka mau di mana dengan syarat jam 08.00 WIB sudah meninggalkan lokasi," ujar Kapolsek Kemayoran Kompol Saiful kepada CNNIndonesia.com di Masjid At Taqwa, Jakarta Pusat, Jumat (16/11).


Saiful mengatakan ke-600 peserta yang datang dari Bima, Nusa Tenggara Barat dan Karawang Jawa Barat ini bakal dijaga oleh pihak kepolisian saat menginap di sana. 

"Personil gabungan dari Polda, Polres, Polsek, dan Kodim sebanyak 150 personil," ujarnya.


Sebelumnya, nasib ke-600 peserta ini sempat luntang lantung setelah acara bertajuk Syiar dan Silaturahim Kekhilafahan Islam Se-Dunia yang rencananya digelar pada 17 dan 18 November 2018 itu batal dilaksanakan.

Sementara itu, Koordinator Bidang Publikasi Wuri Handoyo mengaku bersyukur para peserta diperbolehkan untuk menginap di Masjid At-Taqwa. 

"Bersyukur pada Allah ada jalan paling tidak untuk malam ini sehingga para peserta tidak terlantar tidak luntang lantung di jalan lah. Meskipun tempat terbatas toilet terbatas tapi tetap kita bersyukur lah," tutur dia kepada CNNIndonesia.com

Ia juga mengatakan masih ada beberapa rombongan dari Lampung yang sedang dalam perjalanan menuju Jakarta. Mereka, kata Wuri, bakal diarahkan untuk menginap di Masjid At Taqwa. 


Diketahui peserta yang menginap di Masjid At Taqwa adalah laki-laki. Sementara itu, untuk peserta perempuan dan anak-anak, panitia menyediakan ruangan hotel. 

"Ya sudah menyewa tempat penginapan di hotel Cempaka dan Hotel Taman itu khusus ibu-ibu dan anak-anak karena kapasitas hotel itu tidak terlalu banyak," ujarnya.

Sampai saat ini, Wuri mengaku pihak panitia masih belum memiliki rencana untuk acara esok hari. Ia menyerahkan semuanya kepada Allah S.W.T.

(sah/DAL)