Jokowi Berkurban Sapi 1,5 ton di Masjid Istiqlal

SAH, CNN Indonesia | Selasa, 21/08/2018 14:57 WIB
Jokowi Berkurban Sapi 1,5 ton di Masjid Istiqlal Sapi kurban Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. (CNN Indonesia/Setyo Aji Harjanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jelang Idul Adha, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkurban di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Hewan kurban yang dititipkannya adalah seekor sapi dengan berat lebih dari satu ton.

"Kalau untuk RI 1 itu beratnya 1.500 kilogram atau 1,5 ton sapi, satu ekor saja," kata Kepala Bagian Protokoler Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abdul Sallam kepada CNNIndonesia.com, di Masjid Istiqlal, Jakarta, Selasa (21/8).

Abu mengatakan sapi yang dikurbankan Jokowi adalah jenis lokal. Sapi tersebut dibeli Jokowi dari pedagang sapi di wilayah Cimpaeun, Depok, Jawa Barat.


"Pengadaan sapi tersebut dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan, Pemerintah Kota Depok yang ditunjuk oleh presiden untuk pengadaan," ujar Abu.


Abu menyebutkan Jokowi berkurban di Istiqlal sudah sejak ia menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Dia menerangkan sapi yang dikurbankan oleh Jokowi tahun ini lebih berat dibanding tahun lalu.

"Tahun lalu itu kalau enggak salah berat sapinya sekitar 1,2 atau 1,3 ton gitu," terang Abu.

Selain Jokowi, Wakil Presiden Jusuf Kalla alias JK juga turut berkurban sapi di masjid Istiqlal. Abu mengatakan sapi yang dikurbankan JK jenisnya sama dengan sapi kurban Jokowi.

"Jenisnya sama cuma sapinya pak JK usianya enam tahun dan yang pak Jokowi tujuh tahun terus yang sapi pak JK itu beratnya lebih ringan seratus kilogram dari sapinya Pak Jokowi," terang Abu.

Sapi tersebut sudah sampai di masjid Istiqlal dan ditempatkan di dekat menara masjid yang berseberangan dengan Gedung Pertamina.

Selain Jokowi dan JK sejumlah pejabat juga turut berkurban di Masjid Istiqlal di antaranya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin, hingga Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.


Abu mengatakan pasangan bakal calon presiden dan wakil Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, serta bakal calon wakil presiden pendamping Jokowi, Ma'aruf Amin, sampai saat ini belum menyerahkan hewan kurban ke Masjid Istiqlal.

"Belum ada baik itu pak Ma'aruf atau pasangan Pak Prabow dan Pak Sandi," ujar Abu.

Abu berharap ketiga bakal calon kepala negara itu dapat berkurban di Masjid Istiqlal. Supaya hasil yang bakal dibagikan untuk para penerima di sekitar masjid Istiqlal semakin bertambah.

"Kami sangat senang sekali apabila para capres dan cawapres yang akan nanti berkontestasi itu sama-sama jadi dinikmati oleh masyarakat yang kurang mampu sehingga suasana menjadi teduh," terang dia.

Abu mengatakan pihaknya masih membuka pintu bagi masyarakat yang ingin menyerahkan hewan kurbannya di Masjid Istiqlal hingga seusai Salat Ied besok. Sampai sejauh ini hewan kurban yang diterima oleh pihaknya berjumlah sepuluh ekor sapi dan satu ekor kambing.


Ia mengatakan jumlah tersebut belum ditambah hewan kurban yang akan dibeli panitia dari hasil uang yang dikumpulkan oleh para jamaah. (ayp)