Sandiaga Jelaskan Soal Pelatihan Gowes Buat Tukang Becak

Gloria Safira Taylor, CNN Indonesia | Minggu, 28/01/2018 23:14 WIB
Sandiaga Jelaskan Soal Pelatihan Gowes Buat Tukang Becak Sandiaga Uno jelaskan soal pelatihan genjot untuk para tukang becak (CNN Indonesia/Tiara Sutari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menjelaskan mengapa pelatihan mengayuh kepada tukang becak dibutuhkan. Menurutnya, pelatihan ini terkait dengan inisiatif program angkutan ramah lingkungan berupa sepeda listrik.

"Kenapa harus ada pelatihan untuk menggenjot? Itu karena kalau sepeda listrik nyala pas tanjakan jadi genjotnya harus agak pelan, kalau turunan itu dia ngisi," tuturnya saat ditemui di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (28/1).

Sandi juga mengungkap bahwa opsi angkutan ramah lingkungan berupa sepeda listrik ini akan ditujukan kepada masyarakat di daerah perumahan.


"Yang di perumahan itu mungkin bisa disolusikan dengan sepeda listrik," tuturnya lagi.

Sandiaga mengatakan, pihaknya akan mencoba untuk berkomunikasi dengan komunitas sepeda untuk melakukan pelatihan. 

Sandiaga mengungkap bahwa program sepeda listrik ini sedang dikomunikasikan dengan PLN. Solusi mengenai kendaraan ramah lingkungan ini juga masih dirumuskan. Ia memimpikan konsep kendaraan ramah lingkungan ini seperti sepeda listrik yang ada di New York.

"Ada sepeda listrik seperti di New York. Itu lagi dilihat sama teman-teman, mungkin jumlahnya tidak banyak tapi lagi didata sama teman-teman," tuturnya.

Sandi juga menyebut akan memasukkan para tukang becak dalam program Ok Oce. Dengan program pelatihan ini diharapkan bisa meningkatkan taraf hidup sekitar 500 orang yang sudah puluhan tahun menjadi penarik becak di Jakarta Utara. Mereka ini disebut Sandi belum menikmati pembangunan dan pertumbuhan kue ekonomi. 

"Mereka ini mungkin akan kita berikan pelatihan dan kesempatan naik kelas. Jadi pengusaha dan suatu saat dia sudah tidak perlu menarik becak," kata Sandi. (eks/eks)