Cari Pendamping Gus Ipul, PKB Jalin Komunikasi dengan PDIP

Abi Sarwanto , CNN Indonesia | Jumat, 13/10/2017 01:00 WIB
Cari Pendamping Gus Ipul, PKB Jalin Komunikasi dengan PDIP PKB mengklaim sedang menjalin komunikasi dengan PDIP untuk mencari calon pendamping calon Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf atau Gus Ipul. (ANTARA FOTO/Saiful Bahri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tengah berkomunikasi intensif dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan untuk menjalin kerjasama pada Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018.

Sekretaris Jenderal PKB Abdul Kadir Karding mengatakan, komunikasi yang dijalin PKB dan PDIP lebih difokuskan untuk mencari pendamping Syaifullah Yusuf alias Gus Ipul, calon gubernur Jatim yang diusung PKB.

"PKB lagi intens sama PDIP. Kami pasrahkan seluruh wakilnya itu ke PDIP saja," ujar Sekretaris Jenderal PKB Abdul Kadir Karding di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (12/10).
Karding mengaku tidak mengetahui nama-nama yang beredar di internal PDIP untuk mendampingi Gus Ipul.

"Saya tidak tahu, tapi terserah PDIP, entah Bu Risma (Tri Rismaharini) entah Pak Anas (Abdullah Azwar Anas), siapa lagi calon-calonnya," katanya.

Menurut Karding, meski sudah berkomunikasi intensif, partainya belum menjalin kesepakatan tertulis untuk bekerjasama di Pilgub Jawa Timur 2018. Namun, dia mengklaim dari komunikasi itu mulai ada titik temu.

Karding membantah kabar yang menyebutkan bahwa PDIP akan mengusung Risma atau melirik Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.

"Saya belum dengar dan saya kira tidak betul," katanya.

PKB resmi mengusung Gus Ipul sebagai calon gubernur Jatim. Hal itu tertuang dalam Surat Keputusan DPP PKB Nomor 23947/DPP-03/VI/A.1/X/2017 tentang Penetapan Saifullah Yusuf sebagai calon gubernur Jawa Timur dari PKB tertanggal 5 Oktober 2015.

Sementara, PDIP hingga saat ini belum mendeklarasikan calon Gubernur maupun wakil Gubernur Jatim. Rencananya, PDIP akan mengumumkan nama cagub Jatim pekan depan.