logo CNN Indonesia

Aksi 20 Mei Berlangsung di Beberapa Titik di Jakarta

, CNN Indonesia
Aksi 20 Mei Berlangsung di Beberapa Titik di Jakarta
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah kelompok masyarakat akan menggelar aksi unjuk rasa di peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang jatuh pada hari ini, Sabtu (20/5).

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, pihaknya telah menerima surat pemberitahuan aksi yang akan berlangsung di sejumlah titik di Jakarta.

"Sejumlah elemen masyarakat sudah menyampaikan pemberitahuan terkait aksi dalam rangka memperingati Harkitnas. Rata-rata, aksi damai," kata Argo saat dihubungi, Sabtu (20/5).
Berdasarkan informasi yang dihimpun CNNIndonesia.com, sejumlah elemen masyarakat akan menggelar aksi unjuk rasa tepat di peringatan Harkitnas in antara lain Komunitas Cinta Bangsa dan Pancasila pimpinan Alles Saragih yang akan menggelar aksi damai di Taman Pandang Istana, Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat sekitar pukul 12.00 WIB.

Aksi yang diperkirakan diikuti sekitar 3.000 orang ini bertujuan untuk memberikan dukungan kepada pemerintah dalam menegakkan Pancasila, serta melawan segala bentuk radikalisme, diskiminasi, dan kekerasan.

Kemudian, elemen mahasiswa yang tergabung dalam Persatuan Pemuda Mahasiswa Peduli Indonesia (PPMI) akan beraksi di Tugu Tani, Menteng, Jakarta Pusat dengan tema 'Nawacita Mempertahankan Keutuhan NKRI.’

Selain itu, sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Forum Mahasiswa Indonesia juga akan beraksi di depan Gedung MPR/DPR/DPD untuk mengajak masyarakat menjaga persatuan NKRI, mendukung percepatan pembangunan nasional dan meminta pemerintah untuk menyejahterakan rakyat Indonesia. Aksi yang diperkirakan diikuti sekitar 350 orang ini akan berlangsung pada pukul 12.00 WIB.
Sementara itu, massa yang tergabung dalam Relawan Penjaga NKRI juga akan melakukan aksi bertemakan 'Kembali ke Jati Diri Bangsa' di Taman Suropati, Menteng. Massa akan menggelar pesta rakyat dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dalam aksi tersebut.

Harkitnas juga akan diperingati dengan kegiatan salawat dan doa lintas agama bertema Malam 1.000 Cahaya di kawasan Cagar Budaya Makam Mbah Priok Koja, Jakarta Utara oleh kelompok yang menamakan diri Justice4Ahok. Dalam pemberitahuan ke Polda Metro Jaya, aksi tersebut rencananya dihadiri Pelaksana tugas Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, Habib Abdullah Alaydrus, serta sejumlah artis.

Argo mengatakan, pihaknya telah menyiagakan personel untuk mengamankan kegiatan masyarakat tersebut. Polda Metro Jaya akan mengawal aksi tersebut agar berjalan tertib dan aman.
"Kami berharap aksi massa ini betul-betul damai dan memaknai betul pentingnya Hari Kebangkitan Nasional, tidak ada aksi anarkis," ucap Argo.

Sekitar 6.400 pasukan Brigade Mobil (Brimob) dari berbagai daerah akan dikerahkan untuk membantu pengamanan di Jakarta pada Sabtu (20/5).

Berdasarkan Surat Telegram Kapolri kepada Komandan Korps Brimob Polri dan 21 kepala kepolisan daerah yang salinannya diterima CNNIndonesia.com, Senin (15/5), disebutkan bahwa pergeseran pasukan ini dilakukan dalam rangka mengantisipasi konflik di Jakarta.

Dalam surat tersebut juga disebutkan bahwa pasukan sudah tiba di Jakarta pada Jumat (19/5).

0 Komentar
Terpopuler
CNN Video