Calon dari Empat Partai sedang Menuju Cikeas

Aulia Bintang dan Wishnugroho Akbar, CNN Indonesia | Jumat, 23/09/2016 01:33 WIB
Calon dari Empat Partai sedang Menuju Cikeas Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengatakan, empat partai yang berkumpul di Cikeas Jumat dini hari ini tengah menunggu kedatangan calon gubernur DKI yang akan mereka usung. (CNN Indonesia/Aulia Bintang Pratama)
Bogor, CNN Indonesia -- Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan menyatakan calon yang diusung oleh partainya bersama Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Persatuan Pembangunan, tengah menuju Cikeas, Bogor, tempat para petinggi partai tersebut berkumpul, Jumat dini hari ini.

Keempat ketua umum partai tersebut tengah berkumpul di kediaman Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono di Puri Cikeas, Bogor. Mereka masih menggodok nama calon gubernur dan wakil gubernur yang akan diusung di Pilkada DKI Jakarta 2017.

"Calonnya sebentar lagi ke sini. Kalau tidak sekarang (Jumat dini hari), kapan lagi?" kata Zulkifli kepada wartawan yang masih berkumpul di Cikeas, Jumat dini hari (23/9).

Zulkifli enggan memberi tahu nama calon yang tengah dalam perjalanan itu.


Namun, isu yang berkembang, Demokrat bersama PAN, PKB, dan PPP akan mengusung Agus Harimurti Yudhoyono yang merupakan putra sulung SBY.

Munculnya nama Agus sebagai bakal calon gubernur DKI Jakarta telah diakui oleh sejumlah petinggi Demokrat.

Agus saat ini adalah anggota TNI aktif yang menjabat sebagai Komandan Yonif Mekanis 203/Arya Kemuning.

Jika Agus benar maju di Pilkada DKI Jakarta, maka dia wajib mundur sebagai anggota TNI, sesuai dengan aturan dalam Pasal 7 ayat 2 huruf t Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada.

Pasal tersebut mengatur bahwa calon kepala daerah wajib menyatakan pengunduran diri dari instansi kemiliteran sejak ditetapkan menjadi calon peserta pilkada. (wis)