Agus Yudhoyono, Peraih Adhi Makayasa dan IPK 4

Raja Eben Lumbanrau, CNN Indonesia | Jumat, 23/09/2016 03:05 WIB
Agus Yudhoyono, Peraih Adhi Makayasa dan IPK 4 Agus Harimurti Yudhoyono. (Detikcom/Rachman Haryanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Koalisi Kekeluargaan mengumumkan nama bakal calon gubernur dan wakil gubernur dalam pemilihan kepala daerah DKI Jakarta 2017. Mayor Infantri TNI Agus Harimurti Yudhoyono terpilih menjadi calon gubernur DKI Jakarta 2017.

Diusung empat partai, yaitu Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Persatuan Pembangunan, Agus akan melawan duet Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat yang diusung oleh PDIP, Partai Hanura, Partai Golkar, dan Partai NasDem.

Agus merupakan anak pertama Presiden keenam Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono. Agus memiliki istri Annisa Pohan, anak dari mantan Deputi Gubernur Bank Indonesia Aulia Pohan dan seorang putri bernama Almira Tunggadewi Yudhoyono.


Agus merupakan lulusan terbaik SMA Taruna Nusantara, Magelang tahun 1997. Like Father, Like Son, Agus kemudian melanjutkan jejak ayahnya masuk ke Akademi Militer. Agus bahkan menjadi lulusan terbaik dengan menyandang gelar Adhi Makayasa tahun 2000.

Lulus dari Akmil, cucu dari Letnan Jenderal (Purn) Sarwo Edhie Wibowo ini bertugas di Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat.

Agus pernah ditugaskan ke Aceh untuk melakukan Operasi Pemulihan Keamanan. Dia juga pernah dikirim dalam Kontigen Garuda XXIII-A ke Lebanon pada 2006.

Saat ini Agus menjabat sebagai Komandan Batalyon Infantri Mekanis 203/Arya Kemuning.

Selain karier militer yang baik, Agus juga memiliki pendidikan yang cemerlang. Agus mendapatkan gelar Master dari Rajaratnam School of International Studies, Nanyang Technological University.

Agus juga berhasil menyelesaikan pendidikan militernya selama satu tahun di US Army Command and General Staff College (CGSC), Fort Leavenworth, Kansas, AS dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 4,0. Ia menerima lencana internasional dari Deputi Komandan CGSC Mayor Jenderal Hughes.

Di saat bersamaan, Agus juga meraih gelar Master of Arts (MA) dalam Leadership and Management dari George Herbert Walker School of Business and Technology, Webster University, juga dengan IPK 4,0. (rel/rdk)