Siswa Malaysia Baca Alquran Massal Rayakan Nuzulul Quran

CNN Indonesia | Kamis, 23/05/2019 13:38 WIB
Siswa Malaysia Baca Alquran Massal Rayakan Nuzulul Quran Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Rahmad)
Jakarta, CNN Indonesia -- Siswa Muslim di Malaysia ikut serta dalam pembacaan Alquran massal di masjid guna memperingati hari suci Nuzulul Quran dalam kalender Islam pada Rabu (23/5).

AFP melaporkan bahwa setidaknya 80 siswa yang kebanyakan berasal dari sekolah Islam berkumpul di dekat kota Bentong.
Mengenakan jubah, para siswa juga melantunkan puji-pujian dalam bahasa Arab pada perayaan yang dipercaya umat Muslim sebagai peristiwa Alquran pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad tersebut.
 
Nuzulul Quran jatuh pada bulan suci Ramadhan, ketika umat Muslim sedang menjalankan ibadah puasa. Di Malaysia sendiri, Nuzulul Quran diperingati pada hari ke-17 Ramadhan.
 
"Kata 'Nuzul' berarti 'turun'," ujar Roslan Mohamad Esa selaku kepala sekolah yang memimpin para murid membaca Alquran.
 
"Nabi kita (Muhammad) menerima Alquran, Allah menurunkan Alquran ke Bumi," katanya.
Salah seorang murid bernama Atikah Syazwami Risyadi berkata, "Hari Nuzulul Quran adalah hari yang penting di mana kami percaya pada wahyu Alquran."
 
Nuzulul Quran merupakan hari peringatan ketika malaikat Jibril menampakkan diri kepada Nabi Muhammad di sebuah gua dekat Makkah dan menyampaikan wahyu Alquran kepadanya.
 
Menurut kepercayaan umat Muslim, Nabi Muhammad menyimpan wahyu itu selama lebih dari 20 tahun.
 
Sekitar 60 persen dari total 32 juta populasi warga Malaysia adalah Muslim, tapi di negara ini juga terdapat sejumlah umat Hindu, Buddha, dan Nasrani. 


(ajw/has)