FOTO: Gairah Diaspora Gunakan Hak Suara di Pemilu 2019

Antara, CNN Indonesia | Minggu, 14/04/2019 18:43 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Jarak ribuan bahkan puluhan ribu kilometer tak membuat WNI yang berada di luar negeri kehilangan gairah untuk menggunakan hak suara.

Panitia Pemilihan Luar Negeri di Kuala Lumpur, Malaysia, menyiapkan surat suara bagi para WNI yang akan menggunakan hak suara pada gelaran Pilpres 2019. (Photo by Mohd RASFAN / AFP)
Berdasarkan data KPU, pemilih luar negeri tercatat sebanyak dua juta orang, dengan jumlah pemilih terbanyak di Malaysia yaitu lebih dari 985 ribu suara. (ANTARA FOTO/Rafiuddin Abdul Rahman)
Warga negara Indonesia menggunakan hak suaranya ketika mengikuti pemilu 2019 di KBRI Wellington, Selandia Baru, Sabtu (13/4). Pemilu serentak 2019 ikuti sekitar 4900 WNI yang memiliki hak pilih di seluruh negara tersebut. ANTARA FOTO/ Ramadian Bachtiar/wpa/HP.
Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) Beijing mengeluarkan surat suara dari kotak suara tersegel di depan para pemilih sebelum pemungutan suara dimulai di Beijing, Cina, Minggu (14/4). ANTARA FOTO/M. Irfan Ilmie/wsj.
Suasana ketika WNI menggunakan hak suara pada pemilu 2019 di KBRI Stockholm, Swedia, Sabtu (13/4). ANTARA FOTO/Handout/wpa/hp.
Tak seluruh pemilu luar negeri berjalan lancar. Antusias yang tinggi membuat antrean terjadi di sejumlah negara, mulai dari Malaysia, Singapura, Australia, hingga Belanda. (AP Photo)
Pemilu 2019 sendiri bisa disebut sebagai pemilu bersejarah karena menjadi pertama kalinya pileg dan pilpres digelar bersamaan. (ANTARA FOTO/ Ramadian Bachtiar)
Duta Besar Indonesia untuk Yordania Andy Rachmianto menggunakan hak suaranya ketika mengikuti pemilu 2019 di KBRI Amman, Yordania, Sabtu (13/4). Berdasarkan data PPLN Yordania terdapat 1.032 WNI yang terdaftar dalam DPT Luar Negeri di wilayah Yordania dan Palestina. (ANTARA FOTO/Handout).
Petugas mengecek surat suara saat pemilu 2019 di KBRI Dhaka, Bangladesh, Sabtu (13/4). (ANTARA FOTO/Handout)
Foto kombo sejumlah warga negara Indonesia menunjukkan jarinya yang telah dicelupkan tinta usai menggunakan hak suaranya di KBRI, Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (14/4). (ANTARA FOTO/Rafiuddin Abdul Rahman)