FOTO: Imigran Honduras Gapai Mimpi Dapat Suaka di AS

Reuters, CNN Indonesia | Senin, 18/02/2019 15:09 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Kabur dari kekerasan di Honduras, sejumlah imigran kini dapat menikmati hasil jerih payah mereka menggapai impian setelah mendapatkan suaka di AS.

Kabur dari kekerasan di Honduras, para imigran kini dapat menikmati hasil jerih payah mereka menggapai impian mencari kehidupan yang lebih baik setelah mendapatkan suaka di Amerika Serikat. (Reuters/Loren Elliott)
Carolina, misalnya, kini dapat asyik berkomunikasi dengan teman-temannya untuk mengatur janji temu sebelum mereka pergi ke satu pesta di akhir pekan. (Reuters/Loren Elliott)
Ponsel yang ia gunakan bergantian dengan ibu dan kedua adiknya itu memang tidak mewah. Namun, alat komunikasi semacam itu sangat sulit didapat di kampung halamannya di San Pedro Sula, Honduras, di mana banyak geng bersenjata bersarang. (Reuters/Loren Elliott)
Carolina dan ibunya, Orfa, mengumpulkan niat dan memberanikan diri untuk kabur mencari kehidupan yang lebih baik di AS sejak beberapa tahun lalu. (Reuters/Loren Elliott)
Mereka kemudian ikut satu karavan yang membawa imigran dari Amerika Tengah. Mereka semua menggantungkan harapan agar bisa mendapatkan suaka di Negeri Paman Sam. (Reuters/Carlos Garcia Rawlins)
Selama enam bulan, mereka menempuh perjalanan berbahaya, naik ke atap kereta, menumpang truk, hingga bergantung pada kebaikan orang tak dikenal yang memberikan mereka makan. (Reuters/Carlos Garcia Rawlins)
Hingga mereka menunggu proses pengajuan suaka mereka ke AS di Meksiko. Kabar itu akhirnya datang. Mereka bersiap menempuh perjalanan menembus perbatasan Meksiko-AS, menggapai impian yang mereka gantung. (Reuters/Loren Elliott)
Pada satu siang di Mei tahun lalu, Ofra dan anak-anaknya untuk pertama kalinya bangun melihat matahari pagi di New Mexico, Amerika Serikat. (Reuters/Loren Elliott)